Bank Mandiri Bangun Bale Ekonomi Desa

Istimewa

YOGYA (KRjogja.com) – Bank Mandiri terus memperkuat dukungan kepada pengembangan ekonomi masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan, perseroan Bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) membangun Balai Ekonomi Desa di Desa Kenalan, Borobudur, Yogyakarta.

Bank Mandiri mengalokasikan Rp 1 miliar untuk pembangunan Balai Ekonomi Desa ini. Peletakan batu pertama pembangunan Balai Ekonomi Desa itu secara resmi dilakukan oleh Area Manager Bank Mandiri Yogyakarta Atta Wanggai, Direktur Operasi PT TWC Retno Hardiasiwi dan Kepala Desa Kenalan Kamidi di Yogyakarta, Kamis (12/1).

Balai Ekonomi Desa atau Balkondes, dikelola secara profesional yang dilengkapi dengan homestay. Di Balai Ekonomi ini juga  dipamerkan produk souvenir, makanan, dan produk lainnya hasil kreasi masyarakat desa. Balai ini juga memiliki tempat pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas masyarakat desa agar mampu mengelola dengan baik potensi-potensi yang terdapat di desa tersebut.

“Masyarakat internasional sangat tertarik mengunjungi desa karena memiliki kekuatan tradisional, kearifan lokal dan budaya. Mudah-mudahan, Balai ekonomi Desa yang kami bangun bersama PT TWC ini dapat meningkatkan kemampuan masyarakat, baik secara keterampilan maupun ekonomi. Pembangunan Balai Ekonomi Desa ini juga merupakan wujud sinergi BUMN dalam membangun desa,” kata Atta Wanggai saat mengunjungi lokasi Balai Ekonomi Desa di Desa Kenalan, borobudur, Yogyakarta, Kamis (12/01/2017).

Program pembangunan Balai Ekonomi ini, lanjut Kartika, juga merupakan salah satu stimulan untuk memotivasi masyarakat supaya bergerak mengembangkan kawasan wisata Borobudur yang kaya potensi. Untuk menyambut wisatawan,  masyarakat harus dipersiapkan menjadi tuan rumah dalam menghadapi pertumbuhan kunjungan wisatawan melalui pembangunan Balkondes dan penyediaan layanan kamar homestay. (*) 

Tulis Komentar Anda