Jogja Garuk Sampah Bersihkan Alun-Alun Utara

Komunitas Jogja Garuk Sampah saat membersihkan wilayah Alun-alun Utara. Foto: Satriyo

YOGYA (KRjogja.com) - Gerakan Jogja Garuk sampah kembali menggelar agenda rutinnya pada Rabu (11/01/2017) malam. Aksinya kali ini ialah membersihkan sampah di seputaran Alun-Alun Utara Yogyakarta.

"Minggu lalu kita di sini tapi belum maksimal, hanya bisa menjangkau yang sisi timur, sekarang kita tuntaskan bersihkan sisi barat,” ujar koordinator Jogja Garuk Sampah, Bekti Maulana (19).

Menurut Bekti, pemilihan tempat di Alun-Alun Utara ialah karena belum lama ini diadakannya perayaan pasar malam sekaten. Petugas kebersihan yang kurang dari 5 orang membuat mereka tidak mampu membersihkan tempat tersebut dengan maksimal. Dari situlah Jogja Garuk Sampah tergerak untuk memunguti sampah yang berada seputaran Alun-Alun Utara.

“Kalau sampah besar pasti sudah dipungut petugas kebersihan, karena kelihatan. Ini tadi yang banyak kita ambil sampah-sampah kecil seperti bungkus permen, bungkus rokok, putung rokok, bahkan ada baterai,” imbuhnya kepada krjogja.com usai kegiatan selesai.

Dari 12 trashbag yang berhasil dikumpulkan, sampah di dominasi oleh putung rokok dan batrai. Bekti pun merasa heran dengan banyaknya baterai yang dibuang sembarangan, karena limbah itu termasuk kedalam sampah yang berbahaya.

“Paling banyak sampah malah baterai, padahal itu masuk limbah B3 yang berbahaya sekali,” ungkapnya.

Kegiatan rutin mingguan ini akan kembali diadakan pada Rabu (18/01/2017)  malam. Rencananya Jogja Garuk sampah akan melakukan aksi kebersihan di seputaran titik 0 KM atau Pojok Beteng Timur. “Ditunggu informasi selanjutnya saja, bisa dicek di instagram @garuksampah,” pungkasnya. (Mg-10)

Tulis Komentar Anda