Cara Dunia Pendidikan China Cegah Mencontek

CHINA (KRjogja.com) - Untuk mencegah pelajar menyontek saat ujian, sekolah di China mengembangkan alat untuk mencegah pelajarnya berlaku curang. Alat yang dikembangkan adalah topi anticurang yang terbuat dari koran.

Media sosial China diramaikan dengan 40 foto pelajar sekolah yang tengah ujian. Mereka menggunakan topi koran anti mencontek. Topi anti-sontek ini digunakan oleh pelajar kelas menengah di Chuzhou, Provinsi Anhui ini terbuat dari selembar koran seukuran tabloid.

Koran ini dilubangi di bagian tengahnya dengan ukuran sebesar kepala mereka. Helaian koran di sekitarnya kepala akan menutupi bagian mata. Dengan demikian mereka tak bisa melihat ke teman di sebelahnya.

Foto anak sekolah tersebut menjadi viral karena adanya perdebatan secara online tentang cara terbaik agar siswa tak lagi menyontek. Di China, ujian seperti gaokao (ujian masuk universitas di China) yang diselenggarakan tiap tahun sangat penting bagi pelajar. Tak heran kalau mereka melakukan banyak cara untuk bisa lulus, termasuk mencoba menyontek. (*)

Tulis Komentar Anda