Kalender Warga Pulau Foula Tentukan Tahun Baru Tanggal 13 Januari

Ilustrasi. (Foto : Dok)

INGGRIS (KRjogja.com) - Pulau terpencil Inggris dengan populasi hanya sekitar 30 orang, merayakan Natal dan Tahun Baru berbeda dengan masyarakat lainnya. Warga Foula di Shetland, perayaan Natal jatuh pada 6 Januari, sementara Tahun Baru dirayakan pada 13 Januari atau sekitar dua minggu setelah seluruh dunia menyambut pergantian tahun.

Ini dikarenakan Foula masih menganut kalender kuno untuk perayaan-perayaan. Foula menandai Natal dan Tahun Baru sesuai dengan hari raya pada kalender Julian tua - Yule pada 6 Januari dan Newerday pada 13 Januari. Masyarakat Foula memiliki tradisi Norse yang kuat akan cerita rakyat, musik dan perayaan-perayaan khusus.

Kalender Gregorian adalah kalender internasional yang paling banyak digunakan. Dinamai menurut nama Paus Gregorius XIII, yang memperkenalkannya pada Oktober 1582. Daerah Inggris lainnya mengadopsi kalender Gregorian pada 1752, tapi Foula terjebak dengan kalender Julian tua.

Perubahan tersebut dilakukan karena Gregorian memiliki 0,002 persen koreksi pada lama/panjangnya tahun. Perubahan ini mengalihkan kalender Foula 13 hari di belakang sisa Inggris lainnya, meskipun kini naik ke 12 ketika Foula tidak memiliki tahun kabisat pada tahun 1900. Untuk alasan itulah 25 Desember menjadi 6 Januari di kalender Foula. (*)

Tulis Komentar Anda