Balkondes Wujud BUMN Hadir untuk Negeri

Menteri BUMN saat menandatangani prasasti peresmian. (Foto : Thoha)

MAGELANG (KRjogja.com) - Bertempat di Desa Candirejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, Rabu (11/1/2017) petang, Menteri BUMN Rini M Soemarno meresmikan 4 bangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di wilayah Kecamatan Borobudur Magelang yang sudah selesai pembangunannya. Dalam kesempatan ini Menteri BUMN juga membubuhkan tandatangannya pada prasasti peresmian.

Keempat Balkondes yang sudah selesai proses pembangunan, dan diresmikan Menteri BUMN, adalah Balkondes Desa Candirejo (BUMN sponsor PT Semen Indonesia), Balkondes Karangrejo (BUMN sponsor Perusahaan Gas Nasional), Balkondes Ngaran Desa Borobudur (BUMN sponsor PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko) dan Balkondes Kebonsari (BUMN sponsor Hutama Karya).

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro dalam kesempatan ini diantaranya mengatakan peresmian empat Balkondes ini merupakan komitman awal dari 7 Balkondes yang dibangun di sekitar Candi Borobudur, yang rencananya ada 20 Balkondes di wilayah Borobudur, termasuk 7 yang sudah diground breaking. Balkondes ini merupakan wujud dari ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’ bagi masyarakat desa dalam rangka membantu mengembangkan pariwisata, dan nantinya akan dapat menjadi contoh dalam rangka pengembangan homestay-homestay yang ada di area wisata-wisata di Indonesia.

Dikatakan juga, beberapa waktu lalu Menteri BUMN juga sudah meluncurkan Balkondes di Tabanan Bali, dan mungkin akan dikembangkan juga untuk wilayah lain karena pemerintah sudah mentargetkan untuk dapat mendatangkan wisatawan di tahun 2019 mendatang hingga 20 juta. "Tentunya perlu infrastruktur yang memadai dalam rangka mewujudkan apa yang sudah dicanangkan dan ditargetkan pemerintah," katanya. (Tha)

Tulis Komentar Anda