11 Tersangka Ikuti Reka Ulang Kasus Social Kitchen

Sebagian anggota Luis menggelar reka ulang. (Foto: Andjar)

SOLO (KRjogja.com) - Reka ulang kasus perampasan, pengeroyokan di Social Kitchen Lounge and Bar, yang terletak Jalan Abdul Rachman Saleh, Banjarsari, Solo, digelar Rabu (11/1) di bawah penjagaan ketat Tim gabungan Direskrimum Polda Jateng dan Polresta Solo. Sedikitnya 11 tersangka Edi Lukito, Joko Sutarto, Hendro Sudarsono, Suparno alias Yusuf Suparno, Suparwoto alias Salman Alfarizi, Margiyanto alias Abu Rehan, Yudi Wibowo alias Abu Irhab, dan Ranu Muda Adi Nugroho. Selain itu juga  Sri Asmoro Eko Nugroho alias Eko Wahid atau Eko Luis, Kombang Saputro, dan Mujiono Laksito ikut memperagakan rekontruksi.

 

Kapolresta Solo Kombes Pol Achmad Lutfi mengatakan dalam rekontruksi digelar 57 adegan. “Ada tersangka anggota LUIS (Laskar Umat Islam Surakarta) yang menolak memperagakan adegan, namun tidak masalah bisa diganti anggota polisi,”ujar Kapolresta Solo tanpa merinci identitas tersangka yang menolak memperagakan adegan. Wartawan sendiri tidak diperkenankan masuk ke lokasi reka ulang yang telah diberi garis polisi.

Sementara itu Awod SH salah satu pengacara tersangka anggota LUIS yang dijerat pasal berlapis yakni Pasal 170 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Kekerasan terhadap orang atau barang di muka umum yuncto  Pasal 351 tentang Penganiayaan, dan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan, Awod mengatakan pihaknya optimis anggota laskar dapat bebas dari jeratan hukum karena saat kejadian bahkan ada anggota laskar yang menolong melakukan pengobatan.

Sementara Manajer Social Kitchen Djunaedi membenarkan kalau ada yang melakukan pengobatan terhadap karyawan Social Kitchen , namun juga banyak yang melakukan perusakan terhadap televisi serta pemukulan terhadap karyawan Social  Kitchen. (Hwa)

Tulis Komentar Anda