Dana Desa Sukoharjo Tahun 2017 Naik Rp 123 Miliar

Kepala Desa Gumpang Kecamatan Kartasura Dwi Mogol Nuryanto saat memantau proses perbaikan drainase menggunakan dana desa tahun 2016. (wahyu imam ibadi)

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Dana desa dan alokasi dana desa (ADD) tahun 2017 untuk Kabupaten Sukoharjo mengalami kenaikan signifikan. Dampaknya desa akan menerima peningkatan jumlah dana yang diterima untuk melaksanakan pembangunan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sukoharjo YC Sriyana, Rabu (11/1) mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi mengenai besaran dana desa dan ADD tahun 2017 yang akan diterima Pemkab Sukoharjo. Untuk dana desa  tahun 2017 nilainya mengalami kenaikan signifikan sebesar Rp 123 miliar lebih. Nilai tersebut lebih besar dibandingkan dana desa tahun 2016 hanya sebesar Rp 96 miliar.

Kenaikan dana desa tahun 2017 tersebut diberikan langsung oleh pemerintah pusat kepada Pemkab Sukoharjo. Sekarang setelah ada informasi nilai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sukoharjo tinggal menunggu petunjuk teknis lanjutnya terkait penggunaanya. Selain dana desa kenaikan juga terjadi pada ADD tahun 2017 sebesar Rp 96 miliar. Nilai tersebut naik sedikit dibanding tahun 2016 hanya sebesar Rp 95 miliar.

Adanya kenaikan dana desa dan ADD ditanggapi positif oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sukoharjo. Sebab nantinya dana tersebut juga akan disalurkan ke desa untuk melaksanakan berbagai program pembangunan. “Kalau dana besar maka pelaksanaan pembangunan di desa juga bisa terpenuhi. Hasilnya nanti juga akan dinikmati oleh masyarakat seperti jalan, talud dan lainnya,” ujar YC Sriyana.

Hingga sekarang belum ada petunjuk teknis mengenai penggunaan dana desa tahun 2017. Meski begitu diperkirakan akan sama dengan tahun sebelumnya di 2016. “Kemungkinan dana desa tahun 2017 penggunaanya sama dengan tahun 2016 untuk pembangunan infrastruktur. Tapi kami masih menunggu kejelasannya dari pemerintah pusat,” lanjutnya. (Mam)

Tulis Komentar Anda