Kuota Haji Ditambah, Temanggung Belum Tentu Kebagian

Jamaah haji asal Temanggung tahun 2016 menggunakan kursi roda (Ahmad Mudzoffar)

TEMANGGUNG (KRjogja.com) - Apabila ada penambahan kuota haji oleh Pemerintah Saudi Arabia untuk Pemerintah Indonesia sebesar 20 persen, maka propinsi Jateng bakal mendapat kuota haji sekitar 5.600 orang pada keberangkatan haji 2017. Namun, tambahan kuota haji tersebut belum tentu meluber di kabupaten Temanggung.

Tambahan kuota haji tersebut tidak berdasarkan sebaran merata di setiap kabupaten/kota di Jawa tengah. Artinya, tambahan 5.600 orang tersebut tidak dibagikan rata di setiap kabupaten/kota di Jawa tengah, melainkan tambahan haji tersebut berdasarkan nomor urut porsi. 

"Dengan penambahan berdasarkan urutan porsi itu bisa saja satu kabupaten/kota memperoleh kuota haji banyak, namun tak menutup kemungkinan kabupaten/kota di Jateng tidak memperoleh tambahan sama sekali. Atau bila mendapatkan tambahan jumlahnya relatif kecil." Jelas Kasi Haji Umra Kementrian Agama Kabupaten Temanggung, Mustofa Ahmad Widagdo, Rabu (11/01/2017).

Mustofa menjelaskan saat ini nomor urut porsi keberangkatan haji 2017 dimulai dari nomor urut porsi 11000362118, kemudian bila ditambah 20 persen (5.600 orang) maka nomor ururt porsi di jawa tengah menjadi 11000367118.Persoalannya, apakah ada calon jamaah haji asal Temanggung yang terdapat nomor urut porsi tambahan tersebut. 

"Dengan sistim itu bisa saja bertambah, namun bisa nihil. Tetapi, karena belum ada surat resmi dari pemerintah pusat, atau baru sekedar  wacana adanya penambahan haji  sebesar 20 persen, maka pihaknya belum bisa menentukan kuota haji Temanggung 2017 ini," jelasnya. (Mud)

 

Tulis Komentar Anda