Tol Yogya-Cilacap Segera Diwujudkan?

Ilustrasi. (Foto: Doc)

YOGYA (KRjogja.com) - Meski rencana pembangungan Jalan Tol Yogyakarta-Cilacap sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Nasional, namun Pemda DIY belum mengetahui secara detail konsep jalan bebas hambatan yang menghubungkan Yogyakarta hingga Cilacap tersebut. Kebijakan dan rencana detail hal itu sepenuhnya ada di Pemerintah Pusat.

"Memang rencana Jalan Tol Yogyakarta-Cilacap sudah ada dalam RTRW Nasional, untuk rencana jangka panjang sampai tahun 2028 mendatang. Namun kapan pastinya pembangunan itu akan dilakukan, saya belum tahu, karena kewenangan soal itu ada di pusat," kata Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Ir Rani Sjamsinarsi MT kepada KRjogja.com di ruang kerjanya, Selasa (10/1/2017).

Rani mengungkapkan, pembangunan jalan tol harus melalui beberapa kajian, termasuk kajian kelayakan. Jadi di suatu tempat baru akan dibangun jalan tol, ketika kondisinya layak. Misalnya lalu lintas di daerah tersebut sudah padat, sehingga memang perlu dibangun jalan tol.  

"Kalau bicara rencana tata ruang, jika di nasional sudah ada, maka Pemda harus mengikutinya. Mengingat kebijakan soal jalan tol lebih banyak di pusat, maka prinsipnya kalau rencana itu nantinya benar-benar direalisasikan, Pemda DIY siap mendukungnya," ungkap Rani. (Ria/Ira)

 

Tulis Komentar Anda