Hujan Terus Menerus, Kali Celeng Meluap

Kendaraan melintasi genangan air di Jalan Imogiri Bantul. (Foto: Sukro R)

BANTUL (KRjogja.com) - Banjir yang terjadi di Kali Celeng Imogiri Bantul mengakibatkan kerusakan infrastruktur disejumlah tempat. Bahkan  arus kendaraan di jalan disisi barat Polsek Imogiri sempat dialihkan lantaran ketinggian air terus meningkat.  Meski  banjir mengenai permukiman warga, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.  Pasca  Sungai Celeng meluap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul terus melakukan pantauan di beberapa lokasi.

Lurah Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri, Bayu Bintoro SE, mengatakan aliran Kali Celeng  yang melintasi wilayahnya kerap naik ke permukiman warga ketika hujan deras. Khusus peristiwa kali ini luapan  sungai itu merusakan talud sepanjang 30 meter di Tilaman serta di Giriloyo. “Ketika Kali Celeng meluap, airnya yang sampai  naik terjadi terjadi di Nogosari 1 dan 2 serta Dusun Tilaman,” ujar Bayu. Dengan kejadian itu Bayu langsung melakukan invetarisasi  bangunan rusak akibat banjir.  Langkah tersebut diambil untuk memudahkan penanganan pasca kejadian, Selasa (10/1/2017) malam.

Dari pantauan KRjogja.com dilapangan luapan Kali Celeng terlihat di Dusun Tilaman Wukirsari Imogiri Bantul. Bahkan air sampai naik kejalan kampung. Meski begitu warga tidak sampai dilakukan evakuasi dari rumah. Kondisi lebih parah terjadi di sisi barat Polsek Imogiri. Diruas jalan itu genangan air cukup dalam hingga warga dan pihak kepolisian memutuskan untuk mengalihkan kendaraan. Ketika  banjir mencapai puncaknya roda dua dan empat dialihkan. (Roy)

 

Tulis Komentar Anda