Inventarisasi Ulang Pohon Perindang

Hingga Februari, Yogya dan Sekitarnya Diguyur Hujan Lebat

Ilustrasi. (Foto: Doc)

YOGYA (KRjogja.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan terus melanda DIY dan sekitarnya hingga bulan Februari.

Berkaitan dengan hal tersebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Krido Suprayitno menghimbau sudah saatnya  pohon-pohon rindang untuk diinventarisasi lagi. "Terutama  terkait dengan tingkat kerentanan pohon," terang Krido, Selasa (10/1/2017) malam. Masyarakat yang mempunyai pohon rindang dihimbau untuk memangkas pohonnya, sehingga kelestarian dan keamanan tetap terjaga.

Mengenai pohon-pohon rindang yang terdapat di pinggir jalan, Krido menyatakan telah ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membidangi itu. Inventarisasi pohon dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan dalam pelaksanaannya bisa bekerjasama dengan Pekerjaan Umum (PU).

"Kami dari BPBD tidak ada kaitannya dengan kewenangan itu. Begitu itu ada risiko bencana yang berkaitan dengan pohon rindang akan kami sampaikan kepada SKPD yang bersangkutan," terang Krido. (mg-21 dan mg-18)

 

 

Tulis Komentar Anda