Rektor UNS Lepas Mahasiswa KKN Turun ke Desa

Rektor Prof Ravik menyalami mahasiswa yang siap terjun ke desa. (Foto: Qomarul)

SOLO (KRjogja.com) - Sebanyak 2189 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo diterjunkan ke desa untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik integratif periode VI. Mereka secara resmi dilepas Rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS di depan rektorat kampus Kentingan Solo, Selasa (11/01).

 

Mahasiswa yang menempati lokasi KKN di Jawa 1859 orang tersebar di 204 desa. Sedang yang memilih di luar Jawa ada 311 mahasiswa dan di luar negeri ada 19 mahasiswa yakni di Sabah Malaysia. Banyak tema yang dikerjakan mahasiawa, tapi sebagian masih melanjutkan tema yang dikerjakan periode sebelumnya.

"Kami ingin program KKN mahasiswa bisa menuntaskan tema yang telah dikerjakan," jelas Prof Ravik didampingi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Prof Sulistyo Saputro MSi PhD. Selain melanjutkan tema yang sudah berjalan, ada mahasiswa yang melaksanakan tema baru.

Disebutkan tema KKN UNS terus berkembang karena banyak jalinan kerjasama dengan Kementerian atau Lembaga Negara. Seperti Mahkamah Konstitusi mengajak mahasiswa ikut menyadarkan hukum kepada masyarakat. Begitu juga Kepolisian soal Narkoba. "Jadi tema-tema baru akan dimunculkan. Termasuk program penanganan gambut yang dikerjakan bersama Badan Restorasi Gambut."

Para mahasiswa terlihat bersemangat untuk turun ke desa. Mereka siap menuntaskan tema yang sudah digarap periode sebelumnya maupun tema baru. (Qom)

 

Tulis Komentar Anda