Permohonan Pengajuan KIA Membengkak

Ilustrasi. (Foto : Dok)

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Permohonan Kartu Identitas Anak (KIA) dari masyarakat diperkirakan membengkak dari kuota yang disediakan 5.000 keping. Mengantisipasi hal itu maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo akan gencarkan sosialisasi.

Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sriwati Anita, Selasa (10/01/2017) mengatakan, proses permohonan KIA sudah dimulai ditingkat kecamatan. Sedangkan pencetakan dilakukan di kantor Dispendukcapil Sukoharjo.

“KIA di Sukoharjo dimulai pada tahun 2017 dan kemungkinan ada pembengkakan jumlah pemohon. Kuota kita hanya 5.000 keping tapi kemungkinan membengkak lebih dari itu karena tingginya minat masyarakat,” ujar Sriwati Anita.

Pembengkakan permohonan dimungkinkan berasal dari pemohon anak diatas 5 tahun. Sebab anak dengan persyaratan tersebut di Sukoharjo jumlahnya sangat banyak. Secara teknis pencetakan KIA ada dua jenis, yakni untuk anak usia 0 - 5 tahun akan diterbitkan KIA bersamaan dengan pembuatan akte kelahiran.

Sedangkan kedua yakni untuk anak usia diatas 5 tahun dan maksimal sebelum 17 tahun maka harus melalui proses foto lebih dulu. “Kalaupun nanti permohonan banyak maka akan dilakukan pemilihan disesuaikan dengan kebutuhan,” lanjutnya.

Dispendukcapil Sukoharjo terus melakukan persiapan dan pemantauan permohonan KIA ditingkat kecamatan. Hal itu dilakukan agar selama proses dapat berjalan lancar.

KIA dianggap sebagai program baru yang diterapkan di Sukoharjo dan belum banyak diketahui masyarakat. Dispendukcapil Sukoharjo perlu melakukan sosialisasi agar bisa dipahami. Salah satunya yakni dengan melibatkan pihak kecamatan, desa dan kelurahan. (Mam)

Tulis Komentar Anda