Pelaku UMKM Khawatir Kenaikan Harga

Pelaku UMKM di Sukoharjo khawatir kenaikan berbagai harga seperti BBM dan listrik akan mengancam usaha. (Foto : Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sukoharjo keberatan dengan kenaikan berbagai harga seperti listrik dan bahan bakar minyak (BBM). Mereka khawatir naiknya harga akan berdampak pada penurunan pembelian yang berimbas pada turunya produksi dan pendapatan.

Perajin gitar asal Desa Mancasan Kecamatan Baki Ratno, Selasa (10/01/2017) mengatakan, kondisi usaha para perajin gitar sekarang sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah baik permodalan maupun pemasaran. Namun yang terjadi justru diawal tahun 2017 pemerintah membuat kebijakan dengan menaikan berbagai harga seperti listrik dan BBM.

Kenaikan harga sangat dikhawatirkan perajin gitar karena berdampak besar pada naiknya ongkos produksi. Baik listrik maupun BBM sangat dibutuhkan dalam memproduksi gitar.

“Perajin jelas kaget tanpa ada kabar langsung ada kenaikan haga. Tahunya juga dari berita di media. Kalau seperti ini dikhawatirkan akan berpengaruh pada usaha gitar termasuk UMKM lainnya di Sukoharjo,” ujar Ratno.

Atas kondisi tersebut maka perajin gitar di Mancasan Baki memilih untuk berusaha melakukan efisiensi. Salah satunya berkaitan dengan kebutuhan listrik dan BBM saat melakukan produksi.

“Sekalipun kita melakuka efisiensi tetap saja nanti ada dampaknya seperti saat penjualan karena harus diangkut juga dengan transportasi dan itu membutuhkan BBM. Padahal harganya naik,” lanjutnya.

Keluhan serupa juga dirasakan oleh para perajin rotan di Desa Trangsan Kecamatan Gatak. Perajin sangat berharap ada perhatian dari pemerintah untuk diberikan pengecualian demi pengembangan usaha.

“Harapan dari pelaku UMKM tentunya ada perhatian dari pemerintah. Tapi yang ada justru kenaikan harga padahal listrik dan BBM sangat dibutuhkan oleh perajin rotan,” ujar perajin rotan Trangsan Gatak Bambang.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Sukoharjo Sutarmo mengatakan, sektor UMKM menjadi andalan bagi Pemkab Sukoharjo. Berbagai pelaku UMKM muncul tersebar diberbagai wilayah di Sukoharjo. UMKM menjadi motor penggerak bagi usaha karena mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Terkait dengan adanya kenaikan tarif listrik dan harga BBM dampaknya terhadap pelaku UMKM akan kita pantau. Sejauh ini memang belum terasa karena baru saja kenaikan harga diberlakukan,” ujarnya. (Mam)

Tulis Komentar Anda