Sekolah Jurnalistik PWI Luluskan 173 Mahasiswa

Para lulusan terbaik Sekolah Jurnalistik PWI Jateng menerima ijazah yang diserahkan Sekda Provinsi Jateng Dr Ir Sri Puryono. (Foto : Chandra AN)

SEMARANG (KRjogja.com) - Sekolah Jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (SJ PWI) Jateng meluluskan 173 mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (Unisulla) Semarang, Senin (09/01/2017). Sebelumnya para mahasiswa ini telah mengikuti pendidikan Jurnalistik selama 6 pekan di Kampus SJ PWI Gedung Pers Jateng.

Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Mahmud mengatakan, Sekolah Jurnalistik PWI Jateng yang merupakan satu-satunya Lembaga Pendidikan Jurnalistik milik PWI semula hanya diperuntukkan untuk mendidik internal anggota PWI Jateng. Namun seiring dengan munculnya minat perguruan tinggi untuk memberikan bekal kepada mahasiswanya terhadap ilmu jurnalistik, maka PWI Jateng menerima kerjasama dengan kalangan perguruan tinggi.

"Kerjasama ini sangat luar biasa impactnya. Para mahasiswa jadi memiliki pemahaman tentang dunia jurnalistik. Mereka bahkan tidak saja paham, melainkan juga memiliki semangat dan kemampuan jurnalisme yang barang tentu akan bermanfaat bagi dirinya maupun lingkungan kerjanya kelak,” ungkap Amir Mahmud.

Amir juga menekankan, pada prinsipnya ada yang diperjuangkan seorang jurnalis, yakni nilai-nilai kebenaran. "Jurnalis atau pers harus memperjuangkan nilai-nilai kebenaran dan meninggalkan kebohongan. Seiring dengan maraknya fenomena berita hoax, maka jurnalis harus menghindari berita bohong,” tegasnya.

Sementara Dekan Fakultas Hukum Unisulla Dr H Jawade Hafidz mengatakan, kerjasama dengan PWI Jateng dalam pemberian materi pendidikan jurnalistik ini sudah kali yang kedua. "Lulusan ini merupakan lulusan yang kedua dan jumlahnya dua kali lipatnya dibanding angkatan pertama. Ini menunjukkan bahwa kami mendorong para mahasiswa memiliki kemampuan plus di bidang jurnalistik dan ternyata minatnya cukup banyak,” ungkap Jawade. (Cha)

Tulis Komentar Anda