Pohon Kemiri Timpa Rumah Cabup Hasto, Enam Warga Luka-luka

Warga sedang berupaya menyingkirkan dahan besar yang menimpa atap teras rumah orang tua dr Hasto di pinggiran Waduk Sermo. (Foto: Asrul Sani)

KOKAP (KRjogja.com) - Peristiwa hujan deras disertai angin kencang yang melanda sejumlah wilayah kecamatan di Kulonprogo, Senin (9/1/2016) telah menyebabkan banyak pohon tumbang dan patah. Salah satunya pohon kemiri berdiameter sekitar 50 centimeter yang ada di dekat rumah Bupati Kulonprogo 2012-2016 dr Hasto Wardoyo SpOG (K) di pinggiran Waduk Sermo Pedukuhan Klepu Desa Hargowilis Kecamatan Kokap patah dan menimpa atap teras.

Kendati sempat membuat panik ratusan warga yang sedang mengikuti pembekalan saksi Pasangan Calon 'Sedulur Hasto-Tedjo' (Sehat), tapi peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Tercatat enam orang mengalami luka-luka tertimpa asbes dan dilarikan ke rumah sakit.

Salah satu kerabat Hasto yang menetap di rumah tersebut, Tukijah menuturkan, saat kejadian ada 300-an anggota tim pemenangan Paslon Hasto-Tedjo sedang mengikuti pembekalan saksi. Tiba-tiba hujan lebat disertai angin kencang sehingga para tamu yang berada di bawah tenda dipersilahkan masuk ke rumah. Tapi saat bersamaan, batang pohon Kemiri yang berada di pojok kanan teras rumah tersebut patah dan menimpa atap teras.

"Saat kejadian pukul 14.00 WIB saya di dalam, tiba-tiba dengar suara keras sehingga lari keluar dan melihat tamu sudah berhamburan. Ada enam orang tertimpa asbes yang jebol," katanya.

Sementara Ketua RW 26 Klepu Ngadiran mengungkapkan, di wilayahnya baru sekarang pohon tumbang menimpa rumah. "Angin datang dari arah bawah, Waduk Sermo cukup kencang menyapu beberapa pohon besar sampai tumbang dan patah. Anginnya memang kencang sekali dan peristiwa tadi termasuk parah," katanya menambahkan pohon tumbang akibat angin di wilayah RW 26 Klepu sebetulnya sudah biasa tapi baru kali ini yang sampai mengenai rumah.  

Jika dilihat kerusakan yang dialami, kerugian korban ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, "Ditengah hujan deras terjadi dua kali angin kencang. Hembusan angin kedua tekanannya lebih kuat dan saat kejadian pertemuan hampir selesai," ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo Gusdi Hartono ST membenarkan hujan deras disertai hujan kencang di beberapa wilayah Kulonprogo telah menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan patah. Berdasarkan laporan yang masuk, pohon tumbang terjadi di daerah Giripeni Kecamatan Wates, Josutan Kecamatan Pengasih, Klepu, Gunung Penthul dan Jalan Pengasih Kecamatan Kokap serta Gunung Kelir Kecamatan Girimulyo.

"Laporan sebagian sudah masuk, Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah turun lapangan," katanya.(Rul)

 

Tulis Komentar Anda