DIDIK PEMUDA TAK MAMPU

PIP Semarang Gandeng Vokasi UGM Dan Undip

Capt Wisnu Handoko MSc MIP (Sugeng Irianto)

SEMARANG (KRjogja.com)- Kementerian Perhubungan RI tahun 2017  memiliki program pemberdayaan ribuan masyarakat kurang mampu untuk dididik sebagai tenaga kerja bidang kelautan lewat sejumlah perguruan tinggi milik Kemenhub yang bekerjasama dengan pendidikan atau perguruan tinggi (PT) Vokasi terdekat dengan wilayah PT milik Kemenhub tersebut. 

"Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang tahun 2017 ini dipercaya Kemenhub mendidik 6.150 pemuda kalangan kurang mampu dari Jateng-DIY. Karerna itu, menjalin kerjasama dengan Sekolah Vokasi UGM dan Sekolah Vokasi Undip melakukan pelatihan dasar sebagai tenaga kerja di kapal (sektor pelayaran atau transportasi laut)," kata  Direktur PIP Semarang Capt Wisnu Handoko MSc MIP kepada pers di kampus Jl Singosari, Senin (09/01/2017).

Menurut Capt Wisnu Handoko program Menhub Budi Karya Sumadi ini sebagai pengejawantahan program pembangunan tol laut-nya Presiden Jokowi. Usai mengikuti pendidikan program pemberdayaan Masyarakat diharapkan bisa bekerja sebagai anak buah kapal yang paling bawah seperti kelasi namun gajinya jauh lebih tinggi dibanding kerja di darat. Sedangkan, kerjasama dengan sekolah vokasi digunakan untuk melakukan rekrutmen calon peserta pelatihan, sosialiasi program pemberdayaan masyarakat ini serta melakukan pengajaran bersama PIP Semarang. 

"PIP Semarang rencananya Kamis 12 Januari 2017 ini akan melakukan MOU dan MOA dengan Sekolah Vokasi UGM dan Sekolah Vokasi Undip. Calon peserta pelatihan ini harus sehat, usia maksimal 30 tahun, minimal lulusan SMP. Bisa jadi siswa dari kalangan tukang becak, tukang ojek ataupun kalangan yang dianggap kurang mampu secara ekonomi."

Capt Wisnu menambahkan program tahun 2017 ini, Kemenhub memberi dana Rp Rp 21,5 M untuk pendidikan ini. Selain PIP Semarang, Politeknik Ilmu Pelayaran kota-kota lainnya seperti Jakarta, Surabaya, Makasar dan tempat lain di Indonesia juga menjalankan program yang sama dan bekerjasama dengan Sekolah Vokasi terdekat. (Sgi)

Tulis Komentar Anda