Kuliner Bakar Dilarang di Kota Beijing

Ilustrasi. (Foto : Dok)

CHINA (KRjogja.com) - Kepolisian China membentuk unit lingkungan yang berupaya mengurangi tingkat polusi beracun yang menyelimuti Kota Beijing. Wali Kota Beijing, Cai Qi mengatakan para polisi dalam unit tersebut akan mencari sumber polusi udara, termasuk kegiatan kuliner bakar dan panggang makanan di luar ruangan dan jalan berdebu.

"Acara kuliner bakar luar ruangan, pembakaran sampah, pembakaran biomassa, debu dari jalan-jalan, tindakan ketidakpatuhan dari aturan semacam ini merupakan akibat lemahnya pengawasan dan penegakam hukum," kata Cai.

Masalah polusi udara di Beijing dalam beberapa tahun terakhir memburuk. Bahkan, pada Desember 2015 lalu, pemerintah Beijing pernah mengeluarkan peringatan bahaya polusi udara sampai dua kali dalam sebulan.

Saat itu, otoritas Beijing memerintahkan semua pabrik ditutup dan jumlah kendaraan pribadi yang melintasi jalan raya dipangkas setengahnya. Kebijakan lainnya, pemerintah Beijing juga meminta warga diam di rumah. Kalaupun keluar, warga diharuskan menggunakan masker.

Untuk polusi awal tahun 2017 ini, instruksi serupa juga telah diminta untuk dipatuhi warga. Otoritas Biro Perlindungan Lingkungan Hidup Beijing mengatakan bahwa tingkat polusi kali ini paling tinggi sehingga otoritas terpaksa membuat sejumlah kebijakan keras, di antaranya menutup operasi pabrik di Beijing. (*)

Tulis Komentar Anda