Nih, Alasan Pemilihan Pahlawan Dalam Uang Baru

ilustrasi (Dok)

PEMILIHAN pahlawan yang menghiasi mata uang rupiah baru tidak ditetapkan oleh Bank Indonesia semata. Namun, dengan melibatkan kalangan akademisi, sejarawan, pemerintah dan tokoh masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY Arif Budi Santosa  dalam Sosialisasi Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah Tahun Emisi 2016 bertempat di Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY, Senin (09/11/2017).

Arif menjelaskan beberapa pahlawan nasional yang menghiasi uang baru seperti Frans Kaisiepo dalam uang Rp. 10.000,- , Idham Chalid dalam nominal Rp. 5.000,- dan  Soekarno- Hatta  tercantum dalam mata uang Rp. 100.000. "Gambar pahlawan diperoleh dari instansi yang berwenang menatausahakan pahlawan nasional dan telah disetujui ahli warisnya,"terang Arif.

Arif menambahkan ada empat kriteria pemilihan pahlawan dalam uang baru, yakni: belum pernah digunakan dalam uang rupiah (kecuali proklamator), keterwakilan daerah, keterwakilan gender, dapat diterima oleh seluruh pihak (tidak menimbulkan kontroversi).  (mg-21)

Tulis Komentar Anda