Penyebab Kebakaran Pabrik Triplek Abirama Masih Diselidiki

Ilustrasi. (Foto: Doc)

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Penyebab kebakaran yang terjadi di pabrik triplek Abirama Kresna di Desa Kedungwinong Kecamatan Nguter, Minggu (8/1/2017) masih menjadi misteri. Belum diketahui penyebab kebakaran dan taksiran nilai kerugian karena masih ditangani petugas, meski dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Kapolsek Nguter AKP Didiek Nurcahyo mengatakan, kebakaran diketahui terjadi pada Minggu (8/1/2016) pukul 04.15. Pemilik pabrik triplek Abirama Kresna yakni Marjuki (60) warga Joho Baru, Joho, Sukoharjo Kota.  

Kebakaran kali pertama diketahui oleh seorang pekerja setelah melihat api dari gedung bagian oven kayu. Selanjutnya kejadian tersebut diberitahukan ke pekerja lainnya. Para pekerja kemudian berusaha memadamkan api dan sebagian lainnya meminta bantuan ke petugas.

Kondisi di dalam gedung bagian oven yang banyak dipenuhi triplek dan kayu membuat api semakin cepat membesar. Para pekerja kewalahan dan terpaksa menyingkir sambil menunggu bantuan dari petugas.

Beberapa saat kemudian petugas dari Polsek Nguter dan pemadam kebakaran datang. Petugas melakukan pemadaman dengan menggunakan sejumlah mobil pemadam kebakaran.

“Kondisi bangunan pabrik yang berisi bahan mudah terbakar seperti kayu dan triplek membuat api membesar dan sulit dipadamkan. Petugas harus berjuang keras memadamkan api hingga 7 jam,” ujar AKP Didiek Nurcahyo.

Petugas gabungan juga berusaha mengevakuasi dilingkungan pabrik dan pemukiman penduduk agar kebakaran tidak meluas. Masyarakat membantu dengan berusaha melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya.

Camat Nguter Sumarno mengatakan, pihak kecamatan juga turun ke lokasi menggerahkan petugas membantu melakukan evakuasi warga sekitar dan memadamkan kebakaran. Kondisi api yang besar membuat petugas melakukanya dengan ekstra hati hati.

“Proses pemadaman api cukup lama dan sudah berhasil dipadamkan petugas. Nilai kerugian belum bisa ditaksir sekarang masih dihitung,” ujar Sumarno.

Total ada sembilan mobil pemadam kebakaran yang dilibatkan untuk memadamkan api. Mobil pemadam kebakaran tersebut berasal dari wilayah Sukoharjo, Solo, Wonogiri. (Mam)

Tulis Komentar Anda