Asyiknya Surfing di Parangtritis

Dsyasdewa tengah 'menari' di ombak Parangritis di papan selancarnya. (Dok Dyasadewa)

BANTUL (KRjogja.com) - Pantai Parangtritis tidak hanya dikenal sebagai tempat wisata yang elok pemandangannya. Ombaknya yang terkenal ganas, ternyata asyik untuk bermain selancar atau surfing.

Pramudia Sadewa, remaja kelas 3 SMP berusia 15 tahun ini mengaku menekuni surfing sejak  kelas 5 SD. "Awalnya saya bermain skim boarding (semacam skateboard di air) di Parangtritis, saya melihat teman-teman sangat asik bermain papan selancar terus saya coba pinjem papan dari SAR, belajar sendiri dengan didampingi senior dari Tim SAR," katanya, Minggu (08/01/2017).

Dyasadewa di atas papan selancarnya (Dok: Dyasadewa)

Pelajar yang akrab dipanggil Dyasadewa ini kemudian ketagihan bermain selancar di Parangtritis. Ia kemudian belajar trik-trik surfing dengan melihat Youtube. Ia rutin berlatih di ombak yang keras dan arus yang kencang pantai Parangtritis. "Di hari libur dan hari Minggu saya sering menghabiskan waktu untuk surfing di Parangtritis. Jika hari-hari biasa hanya sore hari," kata pelajar SMPN 2 Kretek Bantul ini.

Dyasadewa mengaku kerap mengikuti kontes surfing di Jawa dan Bali misalnya Jawa Timur (Banyuwangi, Pacitan, Malang), Jawa Barat (Batukaras,  Pangandaran dan Cimaja). Ia juga pernah mengikuti Kejuaraan Nasional Surfing Billabong di Bali meski cuma sampai semi final. Melalui keikutsertaannya di berbagai lomba, ia ingin menunjukan bahwa di Yogyakarta, tepatnya Pantai Parangritis bisa digunakan untuk surfing.

Dyasadewa

Selain dikenal dengan ombaknya yang ganas, Dyasadewa tahu di Parangtritis ada palung. Bagi surfer, paling jadi jalan masuk ke point atau ombak bagus. Namun hal itu tidak untuk pengunjung. Dyasadewa selain surfing juga membantu tim SAR jika diperlukan.

Di sekolahnya, SMPN 2 Kretek, ada 6 orang yang menekuni hobi surfing, termasuk dirinya. "Saya suka surfing karena olahraganya menantang. Selain surfing saya juga main motorcross, sering ikut kompetisi di Pulau Jawa juga," kata Dyasadewa yang disponsori produk clothing dari Yogyakarta, Starcross. Meski hobi surfing, putra pasangan Dwi Suryanta dan Endang Irawati ini mengaku menekuninya karena hobi. Untuk cita-cita ia ingin menjadi tentara. (Apw)

 

Tulis Komentar Anda