Bulu Tangkis Kurangi Risiko Meninggal di Usia Muda

Ilustrasi

BERUNTUNG bagi Anda yang hobi main bulu tangkis atau tenis. Pasalnya, tak hanya banyak kalori yang terbuang, tapi manfaatnya bisa mengurangi risiko kematian dini.

Dibandingkan dengan olahraga lain, rendahnya risiko kematian dini diperoleh mereka yang rutin bermain bulu tangkis atau tenis. Risiko kematian dini yang dikaji adalah risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke.

Untuk olahraga renang efektivitas pengurangan risiko kematian dini sekira 28 persen, aerobik 27 persen, olahraga sepeda hanya 15 persen, jogging, bola rugby dan nilai tertinggi terdapat pada olahraga bulu tangkis atau tenis yang dapat menurunkan risiko kematian dini sekira 56 persen

Penelitian ini didasari oleh 11 survei kesehatan tahunan di Inggris dan Skotlandia pada tahun 1994 dan 2008 yang mengungkap bahwa ada enam jenis olahraga yang mampu mengurangi kematian dini akibat penyakit jantung dan stroke.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa pengaruh olahraga tertentu dalam mengurangi risiko kematian dini tak hanya dilakukan seberapa sering, tapi jenis latihan apa yang dijalani. Jenis latihan itu yang memiliki berbagai manfaat kesehatan,” kata Profesor Emmanuel Stamatakis, dari University of Sydney, sebagaimana dikutip Express, Minggu (4/12/2016).

Dengan menyelidiki sebanyak 80.306 orang dewasa di atas 30 tahun berdasarkan data yang sudah disebutkan tadi. Lalu ditemukan kasus 8790 orang meninggal karena penyakit lain dan 1909 orang akibat penyakit jantung dan stroke.

Studi juga menemukan bahwa semakin tinggi intensitas, durasi dan seberapa rutin melakukan aktivitas olahraga tersebut, maka dampaknya akan lebih baik bagi kesehatan.  (*)

Tulis Komentar Anda