Dishub Tetap Tarik Retribusi Terminal

Seorang pengendara motor melintas di depan Terminal Semin. (Foto : Agus Waluyo)

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) - Dinas Perhubungan Gunungkidul tetap menarik retribusi bagi bus dan angkutan umum yang masuk ke Terminal Tipe A Wonosari. Semula Dishub mengaku kebingungan dan menghadapi dilema, dengan adanya penyerahan kembali pengelolaan Terminal Tipe A oleh pusat kepada daerah.

”Kami memilih untuk menarik retribusi, agar masyarakat juga mendapatkan kepastian,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul Ir Purnama Jaya MUM di Winisari, Jumat (06/01/2017).

Purnama Jaya mengatakan, hingga Jumat (06/01/2017) pihaknya belum menerima pengembalian karcis retribusi dari UPT Terminal Wonosari, yang berarti penarikan retribusi jalan terus. Sejak adanya surat dari Kementerian Perhubungan RI agar Terminal Tipe A kembali dikelola oleh daerah untuk sementara waktu, menimbulkan kebingungan. Selain seluruh aset termasuk personel sudah diserahkan pada Oktober 2016, Dishub juga tidak lagi menganggarkan biaya operasional.

”Jika di beberapa daerah masuk terminal tidak kena retribusi, tetapi di Gunungkidul tetap dikenakan,” ucapnya.

Sementara itu pengoperasian Terminal Semin sejak Idul Fitri 2016 lalu, hingga kini belum optimal. Akibat belum lengkapnya fasilitas pendukung, apalagi keterbatasan personel, maka operasional Terminal Semin yang selesai dibangun 2015 masih taraf ujicoba.

Ada beberapa fasilitas yang belum dilengkapi seperti aksesoris, lampu penerangan baik di dalam maupun luar terminal. Tetapi bongkar muat penumpang sudah berjalan di terminal yang baru.

Belum lama ini Dishub mendapatkan bantuan lampu penerangan dari Dinas PUPR dan ESDM DIY untuk dipasang di Terminal Semin. ”Mudah-mudahan sudah dipasang, sehingga tinggal melengkapi asesoris, yang akan dianggarkan pada 2017 ini,” ucap Purnama Jaya. (Awa)

Tulis Komentar Anda