Tak Pernah Dikuras, Toilet di China Meledak

Ilustrasi. (Foto : Dok)

CHINA (KRjogja.com) - Jangan sepelekan sanitasi toilet publik jika tak ingin celaka. Ketika fasilitas umum tak dirawat dan dijaga dengan baik oleh pengelola, masyarakatlah yang kena akibatnya.

Contoh buruknya terjadi di Yulin, China. Akibat penumpukan gas, sebuah toilet umum meledak dan menewaskan satu orang serta tujuh lainnya harus dirawat di rumah sakit akibat mengalami luka-luka.

Ledakan toilet tersebut terjadi beberapa saat setelah pergantian tahun. Kotoran yang menumpuk di septic tank menyebabkan percampuran gas metana, amonia dan hidrogen sulfida, menghasilkan ledakan yang cukup besar.

Dalam foto yang diambil dari situs Weibo terlihat area bekas toilet berdiri nampak hancur berantakan mirip lokasi ledakan bom atau bencana alam. Selain itu nampak satu mobil dan jalanan yang rusak parah akibat ledakan toilet umum tersebut.

Dugaan sementara, toilet umum meledak akibat septic tank yang tak pernah dikuras. Padahal menurut pakar, septic tank idealnya dikuras setiap dua tahun sekali. Tidak menguras septic tank menimbulkan risiko penumpukan kotoran yang bisa saja menyebabkan ledakan. (*)

Tulis Komentar Anda