Kadin DIY Prihatin, Begini Alasannya

GKR Mangkubumi (Dok)

YOGYA (KRjogja.com) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY mengaku dunia usaha tengah mengalami keprihatinan memasuki awal tahun ini. Pelaku usaha baik pengusaha maupun UKM di DIY terpaksa menelan pil pahit dengan kado tahun baru berupa kenaikan harga mulai bahan bakar minyak (BBM) umum, pencabutan subsidi listrik bagi rumah tangga mampu, kenaikan tarif STNK,  kenaikan UMP dan lain-lain.

"Yang pasti dengan penurunan ekonomi tetapi keperluan naik ya tentunya akan menjadi beban, apalagi UKM. Berbagai kenaikan tersebut cukup memukul dunia usaha awal tahun 2017 ini," kata Ketua Kadin DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi kepada KRjogja.com, Jumat (06/01/2017).

GKR Mangkubumi mengatakan dengan sejumlah kenaikan tersebut tentunya akan memicu kenaikan harga atau biaya produksi dan operasional nantinya. Kenaikan biaya produksi akan menyebabkan kenaikan produk yang pada akhirnya memicu berkurangnya daya beli masyarakat. "Situasi ini tentunya harus sama-sama dihadapi dan mencari solusinya. Karena kondisi perekonomian secara umum awal tahun ini memang tidak bagus," ujarnya. (Ira)

 

 

 

 

 

Tulis Komentar Anda