Longsor dan Banjir Bandang Kepung Temanggung

Petugas membenahi kerusakan (Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG (KRjogja.com) - Bencana alam tanah longsor dan banjir bandang terjadi di Kabupaten Temanggung. Longsor terjadi di Dusun Pengilon Desa Pengilon Kecamatan Bulu dan banjir bandang di Dusun Manggong Kelurahan Kanggong Kecamatan Ngadirejo. 

Tidak ada korban jiwa, bencana mengakibatkan kerusakkan sejumlah bangunan kerusakkan ditaksir mencapai puluhan juta akibat kejadian itu.

Kepala Seksi Penanganan Darurat dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi Jumat (06/01/2017) mengatakan hujan sepanjang Kamis (05/01/2017) telah mengakibatkan longsor di Dusun Pengilon, yakni tanah setinggi 4 meter dan lebar 3 meter yang berdampak menutup akses jalan kampung.  "Kejadian terjadi pada Kamis petang, personel Polres Temanggung, TNI, dan Tim SAR membantu warga membuka akses jalan, " katanya. 

Dia mengatakan hujan lebat pada Kamis mengakibatkan meluapknya air sungai Gondang yang kemudian masuk ke pemukiman. Setidaknya tiga rumah terendam air setinggi setengah meter. Rumah tersebut milik Haris, Abdul Majid dan Ndadiyo. Banjir juga menggerus talud jembatan sepanjang 25 meter dan tinggi 7 meter hingga hanyut.   "Banjir ini berdampak pula pada putusnya saluran air bersih yang digunakan warga untuk satu dusun," katanya. (Osy)

Tulis Komentar Anda