Lipstik Bisa Sebabkan Bibir Pecah-pecah

Ilustrasi. (Foto : Dok)

BANYAK orang melakukan segala cara untuk membuat bibir tetap lembap. Misalnya saja dengan rutin mengenakan pelembap bibir (lipbalm). Namun, layaknya minum obat tentu Anda harus mengetahui lebih dulu apa penyebab keringnya bibir sebelum mengobatinya.

Salah formula

Kandungan mint atau mentol pada pelembap bibir memang terasa menyegarkan. Apalagi keharumannya bisa sekaligus membuat napas menjadi lebih segar. Namun, tahukah Anda bisa mint atau mentol tersebut bisa memperparah bibir yang pecah-pecah?

Ahli Dermatologi dari New York, Joshua Zeichner, M.D mengatakan pada Glamour, mint dan mentol bisa membuat kulit kering hingga iritasi. Karenanya, jika bibir Anda kering jangan mengenakan lipbalm dengan kandungan mint dan mentol di dalamnya. Sebaliknya, gunakankah lipbalm dengan kandungan minyak kastor atau lilin lebah (beeswax).

Terlalu lama berlipstik

Tren lipstik yang sedang marak saat ini bisa saja mendorong Anda untuk selalu tampil berlipstik. Apalagi jika pekerjaan Anda menuntut untuk selalu tampil sempurna.

Akan tetapi, pemakaian lipstik tanpa jeda selama seminggu penuh ternyata dapat memperparah bibir Anda yang kering. Untuk itu, Livestrong menyarankan, cobalah untuk melakukan pengelupasan (exfoliate) dengan cara menggosok bibir dengan gula hingga sel-sel kulit mati terangkat dan bibir menjadi lembut kembali.

Sering melakukan pengelupasan

Melakukan pengelupasan memang dapat mengangkat sel kulit mati pada bibir. Namun, melakukannya terlalu sering juga tak baik bagi kulit.

Satu kali dalam satu minggu merupakan jumlah yang tepat untuk melakukan scrub dengan gula, madu, garam dan bahan-bahan alami lainnya.

Berjemur

Menurut ulasan Bustle, kulit bibir yang terpapar sinar matahari terlalu lama juga dapat menjadi terkelupas. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk mengenakan lipbalm dengan kandungan tabir surya di dalamnya.

Panas dalam

Makan makanan yang terlalu pedas, panas dan bersantan bisa menyebabkan panas dalam. Bibir kering bisa jadi salah satu pertanda tubuh Anda menderita panas dalam.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk meminum banyak air putih. Cara ini juga ampuh bibir kering akibat kurangnya cairan dalam tubuh Anda. (*)

Tulis Komentar Anda