Peran MC Sebagai Komandan Acara

Budi 'Mbah Suto'. (Foto: Febriyanto)

KEPUTUSAN Budi 'Mbah Suto' Wiyoso untuk kembali menekuni dunia MC Jawa merupakan pilihan tepat. Sebab belakangan MC Jawa memang sedang menjadi profesi yang digemari banyak kalangan, mulai intelektual, akademisi hingga seniman yang memang kesehariannya dekat dengan deni budaya.

Namun, Mbah Suto mengaku tidak ikut-ikutan. Memang dijelaskannya, beberapa waktu dirinya lebih dikenal sebagai pemain elektone yang kerap tampil di berbagai acara. Tapi justru awalnya ia terjun di dunia hiburan melalui jalur MC Jawa.

"Hanya karena ada kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, saya pilih main kibot. Tapi justru awalnya saya masuk ke dunia hiburan dari MC Jawa," ucap penyiar Radio Swara Kenanga tersebut kepada KRjogja.com,
Kamis (5/1/2016).

Namun kini, Mbah Suto memilih kembali fokus menekuni dunia panatacara. Menurut pria yang pernah menjadi penyiar Radio Swara Konco Tani ini, menjadi MC merupakan kebanggan tersendiri. Seorang MC bisa memiliki peran sentral dibanding hanya menjadi pemain elektone. Sebab MC ibarat komandan dalam suatu acara, termasuk pernikahan adat Jawa.

"Diakui atau tidak, seorang MC mendapat penghargaan dan posisi terhormat di sebuah acara. Bahkan meski kadang bukan menjadi tujuan utama, ada penghargaan dalam bentuk materi atas upaya seorang MC mengawal acara tersebut," lanjut Mbah Suto. (R-7)

 

Tulis Komentar Anda