Longsor Putuskan Saluran Irigasi

Longsor di desa padureso menyebabkan kerusakkan irigasi dan mengancam kerusakkan pemukiman. (Foto: Zaini A)

TEMANGGUNG (KRjogja.com) - Hujan yang mengguyur sepanjang Rabu menyebabkan sebuah tebing longsor dan memutus irigasi di blok Segogo Dusun Krajan 1 Desa Padureso, Kecamatan Jumo Temanggung.

Kepala seksi Penanganan Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi Kamis (5/1/2017) mengatakan longsor terjadi Kamis pagi sekitar pukul 05.30 WIB. Longsor sepanjang 18 meter dan tinggi 5 meter di samping MTs Maarif itu  menyebabkan saluran irigasi primer terputus dan membahayakan pemukiman warga sekitar.

Dia mengatakan, Tim SAR, personel Polres Temanggung dan TNI Kodim 0706 Temanggung membantu warha untuk melakukan kerja bakti memiminalkan dampak lanjutan longsor. " Kerugian materi dari longsor ditaksir  Rp 80 juta, sedangkan korban luka dan jiwatidak ada," katanya.

Dikatakan, kerusakkan irigasi tersebut akan dikomunikasikan dengan Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum untuk membahas perbaikan, sehingga tidak membahayakan pemukiman dan warha setempat jika ada longsor susulan, sebab tanah sekitar rentan longsor bila ada hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung lama. (Osy)

 

Tulis Komentar Anda