Air Terjun di Gunungkidul Ini Masih Jadi Idola

Wisatawan menikmati Air Terjun Sri Getuk Playen. (Foto : Agus Waluyo)

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) - Liburan tahun baru lalu, objek wisata Air Terjun Sri Getuk dan Goa Rancang Kencono, Bleberan, Playen dikunjungi 15.650 wisatawan. Sementara selama 2016 destinasi wisata yang dikelola oleh Desa Wisata Bleberan ini mendapatkan kunjungan 136.229 wisatawan lokal maupun luar daerah, termasuk beberapa turis asing, dengan pendapatan Rp 1,8 miliar.

”Meskipun destinasi wisata di Gunungkidul semakin menjamur, namun Sri Getuk masih menjadi idola wisatawan yang ingin menikmati kesejukan air terjun,” kata Ketua Pokdarwis Desa Wisata Sri Getuk Tri Harjono, Selasa (03/01/2016).

Dikatakan, seluruh pemasukan tersebut merupakan pendapatan kotor (bruto) , sehingga jumlah yang akan disetor ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Bleberan sebesar 25 persen dari hasil Sisa Hasil Usaha (SHU). ”Kami belum menghitung berapa SHU-nya, karena jumlah pendapatan masih dikurangi biaya operasional dan lainnya,” ucap Tri Harjono.

Desa Wisata Bleberan yang pernah menyabet juara I tingkat DIY pada 2015 lalu, terus berbenah diri, baik peningkatan SDM pengelolanya, termasuk para pemandu, juga melengkapi berbagai fasilitas pendukung. Program yang akan dilakukan untuk pengembangan Sri Getuk meliputi pengembangan tempat parkir, pembangunan fasilitas permainan anak-anak dan melengkapi fasilitas pendukung utama, baik toilet, kios dan lainnya.

Pokdarwis Sri Getuk pada 2016 mentargetkan jumlah kunjungan 150.000 orang, namun hanya bisa terealisasi 136.229 orang. Demikian pula pada 2017 nanti ditargetkan 150.000. (Awa)

Tulis Komentar Anda