Pembayaran Honor Atlet Pelatnas Prima Tuntas

Ilustrasi. (Foto : Dok)

JAKARTA (KRjogja.com) - Pembayaran honor atlet dan pelatih pelatnas Program Indonesia Emas (Prima) dan juga untuk NPC (National Paralympic Committee) bulan November dan Desember 2016 yang sempat tertunda hingga dua pekan, akhirnya tuntas. Pemerintah akhirnya menuntaskan transfer honor ke rekening masing-masing atlet dan pelatih.

Hal itu diumumkan oleh Deputi IV Kemenpora Gatot S. Dewa Broto lewat rilisnya Kemenpora kemarin. Sebenarnya hak gaji mereka sudah bisa diambil pada 27 atau 28 Desember lalu sesuai yang dijanjikan pihak Kemenpora pada 22 Desember 2016 lalu, namun kemudian terjadi penundaan. Dengan pertimbangan kebijaksanaan, kehati-hatian, dan agar mengeliminasi kesalahan prosedur anggaran di injury time, maka di putuskan honor ditransfer pada 30 Desember lalu.

"Namun, mengingat proses RTGS (Real Time Gross Settlement) di perbankan, ada cuti bersama tahun baru, maka baru diterima oleh atlet dan pelatih per hari ini (kemarin -Red.). Sudah ada konfirmasi dari para atlet yang sudah menerima honor tersebut. Kami memohon maaf atas keterlambatannya, tapi prinsipnya karena lebih baik hati-hati daripada jadi masalah di kemudian hari," ucapnya.

Jumlah gaji yang dibayarkan langsung berjumlah Rp 28,852, 500 miliar berserta akomodasi untuk tunggakan selama dua bulan untuk atlet dan pelatih Prima. Anggaran tersebut sepenuhnya diperoleh dari anggaran Kemenpora yang masih belum terserap.

Total ada 630 atlet dan pelatih dari 28 Cabang olahraga dari Pelatnas Prima serta NPC yang ada di Solo. Atlet dan pelatih tersebut berasal dari cabang, Angkat Besi, Dayung (Canoeing, Rowing, TBR), Ski Air, Triathlon, Atletik, Panahan, Balap Sepeda (BMX, Track, dan Road Race) , Renang, Loncat Indah, Layar, Taekwondo, Tinju, Karate, Judo, Pencak Silat, Wushu, Bola Voli Pantai, Golf, Bulutangkis, Tennis, Soft Tennis, Squash, Billiard, dan Bowling.

Per bulan atlet menerima gaji sebesar Rp 7,5 juta diluar akomodasi, sedangkan gaji pelatih kepala sebesar Rp 12 juta dan pelatih Rp 10 juta per bulannya. Sedangkan total untuk akomodasi atlet dan pelatih Prima plus NPC yang dibayarkan senilai Rp 18,3 miliar. (*)

Tulis Komentar Anda