KONI Fokus Sentra Pembinaan Feeder Prima

Istimewa

JAKARTA (KRjogja.com) - Sukses melewati tahun 2016 yang penuh tantangan berat, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat siap melaksanan program-program pada tahun 2017. Terutama untuk meningkatkan prestasi atlet nasional menghadapi SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Pada tahun 2017, KONI berkonsentrasi mewujudkan program strategis Sentra Pembinaan Nasional Atlet Andalan untuk menjadi pelapis atlet elite yang digodok Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

"KONI Pusat siap mendukung program Satlak Prima dalam menyiapkan pelapis dengan melaksanakan Program Sentra Pembinaan bagi para atlet yang kemampuannya tidak kalah jauh dari mereka yang masuk di Prima. Ini bukan saingan prima tetapi penyedia stock atlet yang nanti dibutuhkan Prima. Bisa dikatakan sebagai feeder atau pengumpan bagi Prima," kata Sekretaris Jenderal KONI Pusat, Ir EF Hamidy.
 
Hamidy menjelaskan, kalau Prima menampung 500 atlet maka Sentra Pembinaan Atlet Pelapis KONI ini bisa lebih besar. Dia memberi contoh, kalau Perima mengambil atlet elit yang menjadi juara 1 dan 2 Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Jawa Barat lalau maka yang akan dibina KONI adalah atlet yang menempati peringkat selanjutnya. Bisa dari urutan 3 – 5 untuk semua cabang olahraga.

"Dengan demikian stock atlet yang siap bertanding selalu ada. Prima tidak perlu susah-susah lagi mencari atlet. Tinggal mengambil dari sentra ini. Jadi program ini mendukung Prima. Bukan saingan Prima,” ujarnya sambil menambahkan, program itu juga untuk menjaga regenerasi atlet andalan.(Fon)    

Tulis Komentar Anda