4.000 Pemudik Gunungkidul Kembali ke Jabodetabek

Ilustrasi. (Foto : Dok)

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) - Arus balik penumpang libur Natal dan Tahun Baru 2017 dari Gunungkidul tujuan Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mencapai puncaknya, Senin (02/01/2017). Paguyuban Bis Malam (Bisma) mencatat terjadi penurunan jumlah penumpang dibanding liburan Tahun Baru 2016 lalu. Tahun lalu jumlah penumpang menggunakan bis malam selama liburan akhir tahun terakumulasi 11.000 penumpang, sedangkan tahun ini diperkirakan hanya sekitar 6.000 penumpang.

"Pemudik libur akhir tahun banyak yang menggunakan mobil pribadi," tutur Ketua Paguyuban Bis Malam (Bisma) Wonosari Budiyono.

Tahun lalu gelombang peningkatan jumlah penumpang arus mudik terlihat sejak seminggu menjelang tahun baru atau dua hari menjelang Natal bertepatan liburan sekolah. Dengan asumsi jumlah bus yang beroperasi saat itu ada 428 bus baik reguler maupun carteran.

Tahun ini arus balik penumpang tujuan Jabodetabek dalam dua hari tercatat hanya 94 bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) terdiri dari bus reguler 40 unit dan bus tambahan 2 bus. Dalam dua hari arus balik tercatat 4.000 penumpang kembali ke Jabodetabek.

Sebelumnya setelah Hari Natal 2016 jumlah penumpang arus balik cukup diangkut dengan bus reguler, itu saja tidak memenuhi target. "Rata-rata tiap hari kurang dari 25 penumpang, sehingga jika ditotal jumlah pemudik akhir tahun menggunakan bus malam dalam kisaran 5.500-6.000 penumpang," imbuhnya. (Bmp)

Tulis Komentar Anda