Ekspor Perikanan Bakal Terus Tumbuh

Istimewa

JAKARTA (KRjogja.com) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) optimistis ekspor perikanan nasional pada 2017 akan terus tumbuh, termasuk ke pasar Amerika Serikat (AS).

Optimisme tersebut salah satunya berkaca pada pencapaian nilai ekspor perikanan nasional akhir 2016. Untuk periode Januari-November 2016, nilai ekspor perikanan nasional USD3,78 miliar atau naik 4,96% dibanding periode yang sama pada 2015 senilai USD3,6 miliar. 

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Nilanto Perbowo mengatakan, jenis komoditas perikanan yang melejit di pasar ekspor di antaranya cumi, sotong, dan gurita. Pada periode Januari- November 2016, nilai ekspor komoditas tersebut tumbuh 61,64% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. 

Berdasarkan pasar tujuan ekspornya, pertumbuhan ekspor tertinggi adalah ke China sebesar 9,38% dan AS 8,77%. Adapun ekspor ke Jepang walaupun secara total menurun, khusus ekspor udang naik 5,8%. “Saat ini pasar ekspor kita sedang bagus di AS dan Jepang,” ujarnya di Jakarta akhir pekan lalu. 

Kendati demikian, pencapaian ekspor Januari-November 2016 tersebut memang masih jauh dari target ekspor hasil perikanan 2016 yakni USD6,82 miliar. Tahun ini KKP menargetkan nilai ekspor hasil perikanan bisa mencapai USD7,62 miliar. Nilanto meyakini ekspor hasil perikanan tahun ini akan terjaga dan bertumbuh. (*)

Tulis Komentar Anda