'Car Free Night' Meriahkan Malam Pergantian Tahun di Wonosari

Taman Kuliner Kota Wonosari mempunyai ikon Teko Raksasa dalam menyambut Tahun Baru 201. (Foto : Endar Widodo)

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) - Mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu-lintas  sejak liburan Natal dan Tahun Baru 2017, Kepolisian Gunungkidul memberlakukan penataan jalur lalu-lintas menuju objek wisata pantai selatan dengan sistem situasional mulai Sabtu (31/12/2016) hingga Senin (02/01/2017) mendatang. Sementara di  Kota Wonosari pada malam Tahun Baru 2017 diberlakukan kawasan bebas kendaraan bermotor (Car Free Night).

"Kita berharap sepanjang jalur menuju objek wisata terbebas dari kemacetan,” kata Kapolres AKBP Nugrah Trihadi SIk, Jumat (30/12/2016).

Dikatakan, khusus pada perayaan Tahun Baru 2017 yakni Minggu (01/01/2017) besok,  seluruh ruas jalan menuju objek wisata Pantai Baron - Kukup - Krakal Pulangsawal (Indrayanti) dipastikan terjadi kepadatan arus lalu-lintas. Karena itu kepolisian melakukan penataan dan pemberlakuan arus lalu-lintas satu arah dengan pengamanan melibatkan berbagai unsur sekitar 1.000 personel tim gabungan.

Pelibatan tim pengamanan ini juga berasal dari linmas masing-masing desa sepanjang kawasan pantai selatan dari Purwosari, Panggang, Saptosari, Tanjungsari, Tepus dan Girisubo. ”Khusus tim pengamanan yang tergabung dalam operasi Lilin Progo pada Sabtu (31/12/2016) malam. 2016 ada 250 personel, ditambah dukungan linmas masing-masing desa kawasan wisata,” imbuh Nugrah Trihad.

Mereka akan diterjunkan di sejumlah titik konsentrasi baik di kota Wonosari maupun sepanjang jalan menuju objek wisata. Adapun pengaturan arus lalu-lintas  mencegah terjadinya kemacetan untuk kendaraan besar, bus dan minibus. Rute menuju Pantai Baron untuk wisatawan dari arah Pacitan, Ponorogo Jawa Timur, Wonogiri, Solo, Klaten, Sukoharjo Jawa Tengah maupun dari arah Yogyakarta akan dilewatkan melalui Jl Baron - Jl Mulo- Jl Kemiri - Jl Kemadang arah JJLS masuk Pantai Baron - Kukup - Krakal Pulangsawal - Bajinglemu. Pemberlakuan jalur wisata yang datang dari arah Yogya diberlakukan dari simpang 3 Gading arah Paliyan, Saptosari arah Pantai Baron - Kukup - Krakal dan Pantai Pulangsawal melalui Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Sementara pada kepulangan wisatawan dari Pantai Baron akan dipecah menjadi dua jalur. Masing-masing dari Pantai Baron menuju Pantai Kukup, Krakal, Sundak masuk Jl Tepus - Jl Hargosari - Jl Karangasem - Jl Mulo arah Wonosari. ”Khusus untuk bus arus balik wisatawan diarahkan satu jalur melalui Krakal - Tepus - Wonosari,” imbuhnya.

Sedangkan wisatawan dari Yogyakarta, Bantul, Sleman dan dari Magelang Jawa Tengah, arus balik diarahkan melalui jalur barat. Dari Pantai Baron menuju  JJLS arah Jl Trowono - Jl Paliyan - Jl Gading dan memasuki Jl Wonosari - Yogya. Alternatif arus balik lainnya yakni melalui JJLS, Panggang-Imogiri Bantul atau JJlS Purwosari arah Kretek Bantul.

Sepanjang ruas jalan menuju objek wisata pantai akan menjadi prioritas pengamanan kepolisian, terutama pada titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu-lintas. ”Baik di tikungan rawan maupun pada jalan menanjak dan menurun tajam telah disiagakan 20 personel pasukan ganjal ban,” terang Panit Dikyasa Ipda Jarwanto SH. (Bmp)

Tulis Komentar Anda