Libur Seru 'Memburu' Sambel Welut Pak Sabar

Sambel welut dengan lauk belut dan tahu goreng menjadi paduan istimewa. (Foto:Harminanto)

BANTUL (KRjogja.com) - Kuliner di Yogyakarta menjadi incaran para pelancong di kala liburan tiba seperti di akhir tahun saat ini. Salah satu yang rasanya tak boleh ketinggalan untuk dijajal yakni Sambel Welut Pak Sabar yang ada di Jalan Imogiri Barat, Tamanan Bantul.

Makanan satu ini tergolong olahan sederhana namun bercitarasa tinggi. Betapa tidak, saat musim liburan ini saja, ratusan porsi bisa habis terjual di warung yang sudah buka sejak tahun 90-an lalu.

Belut yang telah digoreng dan dilepaskan dari duri lantas diuleg di cobek bersama garam, cabai dan bawang putih. Sensasi rasa yang sungguh pas bila dipadukan dengan nasi hangat apalagi saat perut mulai lapar berwisata di Yogyakarta.

Salah satu karyawan Pak Sabar kepada KRjogja.com Minggu (25/12/2016) mengungkap saat masa liburan seperti saat ini dalam sehari warungnya bisa mengolah tak kurang 50 kilogram belut. Jumlah yang cukup sepadan karena warung ini buka dari siang hingga malam hari.

"Kalau rame seperti ini paling bisa 50 kilogram belut, mungkin banyak yang sedang liburan ke Yogya mampir sini. Kebanyakan kalau masa libur ya orang dari luar kota," ungkapnya.

Sambel welut ini bisa dipadukan dengan beberapa lauk andalan seperti belut goreng, wader, kuthuk juga tempe dan tahu. Sungguh cocok ditemani dengan lalapan bayam rebus dan tentu saja nasi hangat.

Kinanthi, salah satu pembeli yang dijumpai KRjogja.com mengaku cukup tertarik dengan olahan sambel welut tersebut. "Belum pernah sebelumnya, jadi ingin menjajal karena cukup dikenal dan jadi rekomendasi kalau sedang di Bantul, ternyata memang enak," ungkapnya.

Untuk menemukan Sambel Welut Pak Sabar ini, kita bisa melewati Jalan Imogiri Barat dan hanya harus berbelok ke timur setelah 2 kilometer menuju wilayah Ngoto Tamanan. Sekitar 200 meter makan kamu bisa menemukan warung tersebut tepatnya di sebelah masjid yang terletak di sebelah kanan jalan. (Fxh)

Tulis Komentar Anda