Libur Natal Tahun Baru, Bus Besar Tak Boleh Parkir Pinggir Jalan

Lokasi ruas jalan AM Sangaji Kamis (22/12/2016). Dishub DIY paksa hotel tak parkirkan bus besar tamu di bahu jalan selama libur Natal dan TahunBaru. (Harminanto)

YOGYA (KRjogja.com) - Dinas Perhubungan DIY mulai mengirimkan surat himbauan pada pihak hotel yang berada di Kota Yogyakarta untuk tak memarkirkan bus kategori besar di bahu jalan. Himbauan tersebut berlaku selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2017.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Haryanto kepada wartawan Kamis (22/12/2016) mengatakan berdasarkan pengalaman dan hasil evaluasi, bus besar yang terparkir di bahu jalan sering kali menimbulkan kemacetan lalu-lintas. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar himbauan pemindahan parkir bus ke wilayah yang berada di luar pusat kota Yogyakarta.

Menurut Sigit, bus berukuran besar hanya diperbolehkan drop off tamu di depan hotel untuk kemudian memindahkan parkir di lokasi lain. Nantinya, ketika tamu akan pergi maka bisa menjemput kembali di lokasi hotel yang memang tak memiliki cukup ruang parkir.

"Sebagai opsi ada beberapa lokasi untuk parkir bus besar yakni di Taman Parkir Ngabean bisa muat 80-100 bus, Terminal Giwangan bisa 68 bus, Park and Ride Gamping 20-30 bus atau parkir sisi barat Stasiun Tugu Yogyakarta 15 bus. Hotel juga bisa bekerjasama dengan PO bus untuk bisa meminjam lokasi parkir bila memang punya cabang di Yogya," ungkapnya.

Dishub berharap, pihak hotel terutama yang tidak memiliki ruang parkir untuk memperhatikan betul himbauan tersebut agar nantinya tak menimbulkan kepadatan lalu-lintas bila tetap memanfaatkan bahu jalan sebagai tempat parkir bus besar. "Yang penting jangan parkir di bahu jalan karena tentu akan membuat kepadatan lalu-lintas," imbuhnya. (Fxh)

 

Tulis Komentar Anda