China Kembali akan Bangun Jembatan Kaca

Ilustrasi. (Foto : Dok)

CHINA (KRjogja.com) - Pada bulan Agustus kemarin, China baru saja meresmikan jembatan kaca terpanjang dan tertinggi di Hunan. Kabar terbaru, China akan buat jembatan transparan.

Melanjutkan popularitas jembatan kaca tertinggi dan terpanjang yang dibangun di Zhangjiajie, China kembali mengeluarkan ide serupa yang jauh lebih keren. Hal itu pun diketahui lewat desain dari Martin Duplantier Architectes (MDA) dan Daqian Landscape Architects, yang merupakan pemenang dari kontes desain untuk proyek tersebut.

Dalam rancangannya, jembatan yang tampak transparan itu akan menghubungkan dua puncak gunung di Zhangjiajie. Estimasi biaya pembangunannya adalah 34 ribu Yuan atau sekitar Rp 66 miliar. Jumlah yang tidak sedikit.

Berdasarkan situs Designboom, jembatan transparan tersebut akan dibangun dengan bahan stainles steel. Lantainya akan akan dibuat dengan batu hitam yang bisa memantulkan bayangan ketika basah.

Idenya, struktur jembatan tersebut akan menyatu dengan lingkungan sekitarnya dan menimbulkan ilusi optik yanh seakan menyatu dengan udara. Pastinya tidak direkomendasikan untuk traveler yang takut akan ketinggian.

Agar lebih dramatis, di sekeliling jembatan itu akan disertai dengan aliran air setebal 2 cm yang akan disemprotkan setiap tujuh menit untuk menimbulkan kesan kabut. Selaras dengan suasan pegunungan di sekelilingnya.

Akan dibangun juga sebuah paviliun (Martin Duplantier Architectes)Akan dibangun juga sebuah paviliun (Martin Duplantier Architectes) Selain jembatan, rencananya juga akan dibangun paviliun untuk melihat pemandangan Zhangjiajie beserta cafe yang berada tidak jauh dari jembatan transparan. Sayangnya belum diumumkan dengan jelas, perihal rencana dan target penyeelsaian dari jembatan transparan tersebut. (*)

Tulis Komentar Anda