Lamohang Daeng Mangkona Cikal Bakal Kota Samarinda

Makam Lamohang Daeng Mangkona. (Foto : Febriyanto)

SAMARINDA (KRjogja.com) - Berdirinya Masjid Shirathal Mustaqiem di Samarinda Seberang Kota Samarinda Kalimantan Timur tidak bisa dilepaskan dari sosok berjubah putih yang membantu mendirikan empat pilar utama masjid tersebut. Cerita ini bahkan masih dipercaya sampai saat ini. Dan, sosok berjubah putih tersebut hingga saat ini tidak diketahui siapa sesungguhnya.

Hanya saja, Abdillah, juru kuncu Makam Lamohang Daeng Mangkona yang berada di Jalan Pangeran Bendahara Samarinda Seberang Kota Samarinda sedikit memberi bocoran. Diyakini sosok berjubah putih tersebut merupakan tokoh sakti Lamohang Daeng Mangkona yang dimakamkan tidak jauh dari masjid tersebut.

"Ada yang meyakini seperti itu. Tapi kepastiannya kami tidak bisa memaksakan. Silakan dengan keyakinan masing-masing," ucap Abdillah kepada KRjogja.com sela kunjungan di Samarinda Kalimantan Timur belum lama ini.

Lamohang Daeng Mangkona sendiri merupakan cikal bakal berdirinya Kota Samarinda. Ia bersama rombongan dari Wajo Sulawesi mendirikan pemukiman di Tanah Rendah pada 1668 yang merupakan rintisan Kota Samarinda. Makam Lamohang Daeng Mangkona sendiri memiliki nisan yang cukup tinggi terbuat dari Kayu Ulin. Terdapat kaligrafi huruf Arab pada nisan yang diyakini sudah berusia lebih 200 tahun tersebut.

"Bukan cuma kepercayaan masyarakat. Tapi dari pemerintah sendiri sudah melakukan penelitian dan membenarkan bahwa makam ini merupakan peristirahatan terakhir Daeng Mangkona berdasar literatur sejarah," lanjut Abdillah.

Diceritakan, Daeng Mangkona bersama sejumlah rombongan memutuskan meninggalkan Wajo karena tidak mau tunduk pada pemerintahan kolonial Belanda yang sudah menduduki Kerajaan Gowa. Perjalanannya membawa ia bersama rombongan singgah di Pulau Borneo yang saat itu masuk kekuasaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Setelah minta ijin pada Sultan Kutai, ia akhirnya mendiami Tanah Rendah. Kedatangan Daeng Mankona pada 21 Januari 1668 kemudian dijadikan Hari jadi Kota Samarinda hingga sekarang. (R-7)

Tulis Komentar Anda