Tak Akur Sama Mertua? Begini Solusinya

Menantu dan ibu mertua tidak akur (Foto: Grandparents)

SETIAP wanita yang baru menikah, mungkin pernah mengalami hubungan dengan mertua yang tidak enak. Bahkan, sampai membuat galau. Mengingat betapa sensitif dan cerewetnya ibu mertua. Sehingga Anda menyimpulkan, tak ada kecocokan apa pun dengan ibu mertua. 

Arrundina Puspita Dewi, M.Psi, Psikolog selaku Psikolog Klinis Dewasa menyarankan agar menantu perlu lebih memahami mengapa mertua bertindak demikian, seperti cerewet atau banyak mengatur. 

“Jika ada ketidakcocokan dengan mertua, kita perlu memahami mengapa mertua bertindak demikian (yang tidak sesuai dengan prinsip kita). Dengan memahami, kita akan lebih mengerti mengapa ketidakcocokan terjadi lalu bisa memberikan penjelasan kepada mertua mengapa ketidakcocokan terjadi,” jelas Dina kepada Okezone, belum lama ini. 
Dengan begitu, sambungnya, mertua pun akan lebih memahami mengapa prinsip kita tidak sesuai dengan prinsipnya, misalnya karena sejak kecil kita terbiasa dengan prinsip-prinsip tertentu yang diajarkan orangtua, dan lebih bisa menghargai perbedaan yang ada. “Untuk dapat memahami mertua, kita perlu menjalin komunikasi yang baik sehingga benar-benar mengerti bagaimana cara mertua memandang suatu permasalahan. Bila merasa kesulitan, kita bisa meminta bantuan dari suami untuk bisa lebih memahami mertua,” tutur psikolog jebolan Universitas Padjajaran ini. 

Dina menjelaskan, karena suami adalah hasil didikan dari orangtuanya, pola pikir mertua pun sesungguhnya tidak akan jauh berbeda dari suami kita. “Bila kita bisa memahami suami, mengapa kita tidak bisa memahami mertua yang sudah membesarkannya selama ini?” cetusnya. (*)

Tulis Komentar Anda