Stick Growol Inovasi Makanan Khas Kulonprogo

Desti memperlihatkan produknya. (Foto: Widiastuti)

KULONPROGO (KRjogja.com) - Selama ini makanan khas Kabupaten Kulonprogo yang terbuat dari bahan baku ketela disajikan monoton, tidak ada variasi lain. Keinginan menyajikan growol dalam bentuk yang berbeda, melintas di benak Desti Pujilestari (24) warga Karangwuluh Lor RT 05 RW 03 Desa Karangwuluh Kecamatan Temon, yang akhirnya growol disajikan dalam bentuk  "stick growol".

"Dari wadah Koperasi Hargomulyo Janten Karangwuluh Palihan(HJKP) Manunggal growol kita kembangkan menjadi stick growol-nya. Untuk bahan baku growol kami pesan dari Grindang Desa Hargomulyo, lalu diolah menjadi stick-stick dengan berbagai rasa dari mulai originil, bawang, barbeque, keju, pedas, hingga rasa strawberi," kata Desti yang lulusan Stikes Aisyiyah jurusan Kebidanan ini, Selasa (13/12/2016).

Sehari, kata Desti, dibutuhkan growol sebanyak 8 kilogram, tiap 1 kilogram-nya setelah diolah menghasilkan 15 pot stick growol. Pemasarannya dibuat dua kemasan, pot dan kardus dengan merek "Grow". Kemasan kardus agar kelihatan eksklusi dengan merek "Grow",  yang perpot atau kardus dihargai Rp 10 ribu.

"Pemasarannya selain dari rumah produksi, juga di Tomira, Jogja, Bantul, Kota, Semarang, Jakarta, ke luar Jawa seperti Kalimantan, Lombok Mataram,  dan lainnya. Kami ingin pula mewujudkan variasi baru yakni pie growol," ujar Desti. (Wid)

Tulis Komentar Anda