BTN Tawarkan KPR Mikro

Istimewa

JAKARTA (KRjogja.com) - Masyarakat berpenghasilan sekitar Rp 4,5 juta perbulan akan bisa memperoleh kredit rumah KPR mikro dari Bank Tabungan Negara (BTN) senilai Rp 25-30 juta per unit mulai tahun 2017.

"Kami menggandeng  Perumnas guna menjalankan program tersebut. Lokasi sebagai percontohan adalah wilayah DKI Jakarta. Kemudian akan dilakaukan di berbagai dawrah di Indonesia," kata Dirut PT BTN Maryono, Selasa (13/12/2016).

Maryono menjelaskan, masyarakat dengan penghasilan rendah masih banyak yang belum mendapatkan rumah layak huni. Sehingga perbankan harus bisa menyediakan fasilitas yang lebih baik. Padahal kebutuhan di sektor bawah ini sangat banyak. Namun, belum dapat menjelaskan berapa jumlah rumah yang akan disediakan. Begitupun dengan dana yang disiapkan. "Ini akan kita bisa siapkan dana sampai dengan triliunan (rupiah)," kata Maryono.
 

Menurutnya, KPR Mikro untuk rumah seharga Rp 25-30 juta per unit tersebut ditetapkan untuk harga rumahnya saja, belum memasukkan komponen harga tanah. Sedangkan untuk bunga yang akan diberikan kepada nasabah masih dihitung kembali. Namun dipastikan akan lebih rendah dari yang normal berlaku. Maryono tengah mengajukan agar ada subsidi dari pemerintah terhadap bunga. (Lmg)
   

Tulis Komentar Anda