Nissan Navara Taklukan Gurun Sahara

(Foto: Istimewa)

MAROKO (KRjogja.com) - PT Nissan Motor Indonesia menjajal ketangguhan Nissan Navara, kendaraan kabin ganda Nissan yang ikonik di Maroko, Afrika Utara pada pertengahan November lalu. Uji kemudi yang mengusung puluhan kendaraan ini bertujuan untuk membuktikan ketangguhan Nissan Navara dalam mengatasi tantangan di salah satu medan terberat yang bisa dilalui oleh sebuah kendaraan, yakni gurun pasir.

Head of Communication NMI, Hana Maharani  mengatakan sejak meluncur di Indonesia pada tahun 2015 lalu, Nissan Navara telah berhasil melewati beragam pengujian, mulai dari merambah Aceh dengan kawasan Leuser-nya yang liar, menanjak di Gunung Tambora, menjelajah Gunung Sibayak dan 50 gunung lainnya di Tanah Air. Mencicipi trek off-road dengan sensasi padang pasir di Gurun Sahara, Maroko, adalah yang paling menantang karena kontur gunung pasirnya berbeda dengan yang dilewati selama ini. Cuaca yang ekstrem tidak hanya menguji kendaraan tetapi juga manusia yang mengemudikannya.  

"Paduan tenaga mesin yang mumpuni, kecanggihan five-link rear suspension, Hill Start Assist, Hill Descent Control dan teknologi penunjang kenyamanan dan keamanan lainnya yang disematkan, menasbihkan Navara sebagai pick-up tough dan smart yang sanggup atasi keganasan Sahara," ujar Hana.

Dalam uji kemudi di Gurun Sahara, peserta menggunakan Nissan Navara spesifikasi Eropa, dengan mesin diesel 2.3L dengan versi 160PS single-turbo dan 190PS twin turbo. Perjalanan dimulai dengan melakukan warming lap, kemudian dilanjutkan dengan long lap secara berkelompok. Total perjalanan 182 kilometer dan ditempuh dalam kurun waktu sekitar 5 jam.

"Saya sudah mencoba berbagai jenis kendaraan 4x4 di gurun pasir; dari semua kendaraan yang saya coba, performa Navara adalah yang terbaik," kata Pembalap berpengalaman dalam Paris-Dakar Rally bersama Nissan, Ramon Vila.

Kunci keunggulan Navara mengatasi tantangan Sahara, salah satunya terletak pada fitur Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA) yang menambah percaya diri pengemudi saat melewati gunung-gunung pasir di Sahara. Selain itu, dukungan electronic locking rear differential, Shift on-the-fly four wheel drive dan rancangan Nissan pada all-new five-link rear suspension system, menjadikan handling kendaraan makin mumpuni, tanpa meninggalkan kenyamanan kabin bagi pengemudi dan penumpang.

Nissan Navara merupakan bukti keahlian Nissan selama 80 tahun membuat kendaraan pick-up yang handal – Navara merupakan salah satu model pada line-up kendaraan komersial Nissan (light commercial vehicle). Navara telah dipasarkan di 100 negara di dunia. Di Indonesia, Nissan Navara memimpin 40 persen pangsa pasar di segmen kabin ganda privat pada akhir tahun fiskal 2015 lalu. (Ira)

 

Tulis Komentar Anda