Pepes Ikan Mbah Im, Penuh Bumbu Dan Nendang Pedasnya

Pepes ikan disajikan dengan sambal dan lalapan. (Foto: Sulistyanto)

ANEKA memu ikan tersedia di rumah makan Aneka Pepes Mbah Im. Ketika konsumen menginginkan panas atau hangat tinggal diambil lalu dipanggang di alat pemanggang. Jenis pepes ikannya antara lain ada gurami, nila, mas, tongkol, bandeng presto, tenggiri, bawal laut dan kakap.

Menurut  kru Aneka Pepes Mbah Im, Sapto Yuwono, bumbu-bumbu untuk pepes ikan mirip jamu, antara lain ada perpaduan  kunyit, jahe dan laos. Ada lagi campuran rempah asli Indonesia seperti bawang merah, cabai, ketumbar dan bawang putih. Lain halnya dengan pepes jamur dan tahu, bumbunya lebih sederhana tanpa ada kunyit dan laos, rasanya juga tak pedas, karena bumbunya tak diberi cabai.

"Sebelum dibungkus daun pisang, pepes sudah diberi bumbu-bumbu lalu dikukus sampai masak. Konsumen tak perlu was-was adanya kolesterol berlebih di masakan ini," papar Yuwono.

Soal Harga, Yuwono menjelaskan  pepes ikan mas Rp 45.000 perbungkus, bawal laut Rp 40.000 dan tongkol Rp 35.000. Menu lain pepes ikan nila cukup Rp 25.000 dan tenggiri Rp 18.000 perbungkus. Harga biasa berubah juga disesuaikan dengan ukuran ikan yang tersedia. 

"Pepes ikan paling mahal jenis ikan gurami, Rp 60.000 perbungkus dengan berat ikan kisaran delapan ons. Kami juga menyediakan sayur asam serta telur dadar maupun ceplok." (Yan)

Tulis Komentar Anda