Ternyata.. Tongseng Paha Ayam Kampung Lebih Gurih

Tongseng ayam kampung, dagingnya diambilkan dari bagian paha. (Foto: Sulistyanto)

SELAIN daging kambing, daging ayam kampung pun nikmat dan lezat ketika diolah menjadi masakan tongseng. Satu di antaranya telah dilakukan pengelola lokasi kuliner Bakmi Jawa Girwah, Sutikno. Selain aneka jenis masakan bakmi Jawa, tempat ini juga menyediakan tongseng serta rica-rica ayam kampung.

Menurut Sutikno daging ayam yang digunakan terutama yang diambil dari bagian paha, sebab lebih gurih. Sebelum diambil dagingnya dan diiris-iris, paha ayam ini telah direbus dahulu. Proses perebusan maupun pengungkepan juga dilakukan saat semua bahan direbus dengan kuah berbahan kaldu ayam kampung. Pengungkepan dengan cara dipanaskan sampai mendidih dan dibiarkan sejenak. Tempat untuk memasaknya, yakni wajan kecil ditutup dahulu saat proses ungkep. Cara seperti ini diyakini menjadikan bumbu-bumbu kian meresap di setiap irisan daging ayam.

“Tahapan memasak tongseng diawali dengan menyampurkan irisan daging ayam, tomat, daun loncang dan tomat. Jika senang pedas masih ditambah irisan kecil-kecil cabe rawit,” ungkap Tikno saat ditemui di lokasi kulinernya kawasan Banyuraden Sleman, Jumat (11/11/2016).

Setelah itu segera disiapkan bumbu-bumbu yang akan ditumis dengan sedikit minyak goreng. Setelah bumbu-bumbu tampak layu diberi kuah dari kaldu ayam, lalu daging dan sebagian irisan sayur dimasukkan termasuk menjalani proses ungkep. Pada akhir memasak, irisan kol dimasukkan sebentar saja dan diyakini bisa menambah segarnya masakan tongseng ayam kampung. Bahkan sayur kol ini bisa juga dicampurkan dalam keadaan mentah.

“Bumbu-bumbu yang kami gunakan seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, bubuk merica, garam dan gula. Ada lagi racikan khusus dari rempah-rempah yang ikut ditumis bersama bumbu-bumbu yang telah dihaluskan,” jelas Tikno. (Yan)

Tulis Komentar Anda