Belajar Nulis Bareng Padakacarma, Seru!

Narasumber dari Padakacarma memberikan materi pelatihan menulis (Satriyo Wicaksono)

YOGYA (Krjogja.com) – Lebih mudah menulis atau berbicara? Serentak peserta kegiatan Green Youth Journalist ‘Hari Cinta Puspa & Satwa 2016’ di Aula KR, Sabtu (5/11/2016) menjawab lebih mudah menulis.  

Tim Jurnalistik Remaja Rubrik Kaca 'Padakacarma' Surat Kabar Kedaulatan Rakyat Yogyakarta kemudian berbagi pengalaman terhadap 21 reporter SMP-SMA di DIY tersebut.

Perjalananan wawancara reporter Padakacarma satu per satu diceritakan, mulai dari ditolak narasumber hingga mendapatkan narasumber yang memiliki konflik dengan orang tuanya. Selain berbagi pengalaman, tim Padakacarma juga menyampaikan materi-materi seputar jurnalistik.

Materi tersebut dikemas ringan dengan berbagai bahan candaan, sehingga peserta lebih mudah memahami sesuatu yang disampaikan. Disela-sela presentasi, tim Padakacarma juga memberikan beberapa permainan untuk menghilangkan rasa jenuh peserta. Permainan yang dilakukan pun tidak sekedar menghibur, teapi juga bermanfaat dalam dunia jurnalistik.

Line games misalnya, permainan ini mengutamakan kejujuran, peserta yang pernah mengalami kejadian seperti yang disampaikan oleh tim Padakacarma harus maju satu langkah mendekati garis. Peserta itu pun harus menceritakan pengalaman tersebut kepada peserta lainnya.

Melalui permainan seperti itu, harapannya peserta lebih mudah dalam mencari ide tulisan. “Seru banyak games nya, banyak guyon tapi jelas nyampainnya,” ujar Satria Bagaskara Rachmandita (12) siswa SMPN 10 Yogyakarta.

Tim Padakacarma yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi perguruan tinggi ini memberikan sentuhan tersendiri bagi peserta. Hal tersebut seperti yang diiungkapkan oleh Salma Salsabila Hasna (15) siswi SMA Muh 2 Yogykarta, “Asik, yang ngebawain masih ABG jadi enak dipahami, lebih nyatu dan enggak ngebosenin,” ungkapnya di Aula Kedaulatan Rakyat Yogyakarta, Sabtu (5/11/2016). (Mg-10)

Tulis Komentar Anda