Begini Aturan Penggunaan Jalan di Depan Rumah untuk Acara

Istimewa

 

MENYEWA gedung untuk menggelar hajatan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya sewa gedung yang mahal membuat sejumlah orang enggan menggelar suatu hajatan di gedung. 

Solusinya ialah menggelar hajatan di rumah sendiri. Umumnya, hajatan akan dihadiri oleh banyak orang, seperti acara pernikahan dan khitanan. Bila tamu yang hadir sekitar ratusan bahkan ribuan orang, maka sering kali jalanan di depan rumah akan ikut digunakan pada saat acara berlangsung.

Kondisi ini membuat jalanan terpaksa ditutup dan tidak ada kendaraan yang bisa lewat. Sehingga terkadang hal ini mengganggu kenyamanan pengguna jalan.
Lantas, apakah boleh menggunakan jalan di depan rumah yang adalah milik umum, tapi digunakan untuk kepentingan pribadi? Jawabannya, boleh-boleh saja, tapi ada aturannya terkait perizinan. Anda harus memahami dulu aturannya, karena menggunakan jalan umum tidak bisa sesuka hati.

Peraturan mengenai hal tersebut terdapat dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 9UU LLAJ), dan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pengaturan lalu Lintas Dalam Keadaan Tertentu dan Penggunaan Jalan Selain untuk Kegiatan Lalu Lintas.

Bila Anda cuma menggunakan sebagian jalan, Anda bisa mengajukan izin kepada warga sekitar dan RT/RW setempat. Namun bila Anda akan menggunakan keseluruhan jalan hingga menutup semua badan jalan, maka pastikan terdapat jalur alternatif untuk pengalihan arus lalu lintas, seperti dengan memasang rambu lalu lintas sementara. Untuk itu, Anda mengajukan izin dan bekerja sama dengan kepolisian, agar ada pengaturan jalan yang baik dan lancar.

Permohonan izin ke kepolisian setidaknya dilakukan tujuh hari sebelum acara. Namun khusus untuk penggunaan jalan dalam prosesi perkabungan, misalnya ada keluarga yang meninggal, maka izin bisa diajukan secara tertulis atau lisan kepada kepolisian, tanpa memperhitungkan batas waktu pengajuan.

(sumber : Rumahku.com) 

 

Tulis Komentar Anda