Bupati Larang Pungutan Sekolah

ilustrasi (Dok)

PURWOREJO (KRjogja.com) – Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM melarang berbagai pungutan kepada wali murid untuk kegiatan operasional sekolah. Seluruh kebutuhan anggaran harus tercantum dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Penghapusan pungutan sekolah ini akan diberlakukan mulai tahun 2017.

“Mulai tahun depan saya tidak ingin mendengar adanya sekolah meminta bantuan keuangan kepada wali murid. Akan saya cek langsung. Jika sampai ada pungutan, saya akan mengambil sikap dan akan memberikan punishment kepada kepala sekolah,” katanya, Jumat (04/11/2016).

Dalam rapat koordinasi (Rakor) bersama para kepala sekolah SMP, SMA/SMK se Kabupaten Purworejo dan para perwakilan pengawas dari seluruh kecamatan, Agus Bastian menekankan, jika anggaran yang dibutuhkan sekolah masih kurang, diminta untuk  merencanakan secara lengkap kebutuhannya didalam RAPBS. 

"Saya tidak ingin mendengar lagi ditahun 2017 nanti ada pungutan lain di luar perencanaan itu. Tidak ada alasan lagi untuk menarik pungutan untuk kegiatan sekolah,” tandasnya.

Menurut Agus Bastian, dengan adanya tunjangan serfikasi, penghasilannya guru sudah cukup baik. “Penghasilan yang sudah memadahi ini jangan sampai disalahgunakan untuk hal negative,” tegasnya. (Nar)

Tulis Komentar Anda