KETENAGAKERJAAN

Kolom Magdalena Sukartono : Ya, Aku Pasti Bisa !

Magdalena Sukartono

SETIAP ulang tahun, saya selalu mensyukuri dengan mengadakan aksi peduli kasih, mengumpulkan tukang becak, tukang ojek, anak jalanan, pemulung. Mendatangi atau mengundang para difabel, yatim piatu, bersama para napi di LP termasuk napi narkoba dan berbagai panti. 

Baru-baru ini saya mengajak beberapa relasi ke Panti Wreda HANNA. Duh, begitu memprihatinkan melihat para lansia yang seolah tak berdaya. Saya sendiri yang biasanya enerjik dan ceria, kali ini ikut merasa prihatin. Begitulah kita semua, suatu saat pasti menjadi lansia renta.

Yang menarik perhatian saya adalah ketika para karyawan diberi kesempatan memperkenalkan diri, tak sedikit yang sudah bekerja di panti itu selama beberapa puluh tahun, bahkan ada yang sudah 40 tahun. Ada yang sudah naik tingkat dan ganti profesi. Benar-benar mencengangkan. Mereka tampak gembira tanda bahagia, mendapat tepukan dan juga bingkisan dari paradonatur, mitra pendukung saya.

Yang menjadi pertanyaan adalah  mengapa sekarang banyak karyawan terutama yang masih muda, begitu cepat merasa bosan atau jenuh dalam bekerja ? Yang jelas dan sederhana adalah karena tidak atau belum bisa berkata I love my job !

Menurut Stephen R Covey dan beberapa ahli lainnya, hal itu disebabkan  diri kita sendiri. Apakah ada KEMAUAN kuat untuk melakukan tugas/pekerjaan yang kita hadapi. Ingat 3 K yaitu Kemauan, Kemampuan dan Kesempatan. Nah,  kalau sudah ada kesempatan, tergantung kita apakah mempunyai kemauan.

Sedang kemampuan bisa kita kembangkan dan tingkatkan. Selanjutnya perlu diperhatikan hal-hal seperti berikut ini: 
1. Berpikir positif, bahwa masalah dan kesulitan pasti ada kapan saja di mana saja tapi semua pasti bisa diatasi. 2. Berani mencoba. Memiliki semboyan : MENGAPATIDAK ! 
3. Bermental baja artinya tidak takut risiko gagal. Tidak takut melakukan kesalahan.  
4. Optimis dan tidak cepat menyerah. 
5. Mencari solusi , alternatif bila menghadapi hambatan. 
6. Siap bekerja sama dengan rekan dan berprinsip win-win (menang - menang). 
7. Tidak merasa khawatir tentang apa yang akan menjadi bagiannya. 
8. Berjiwa climber , ekstra - miles , punya slogan YA, SAYA BISA. SAYA AKAN BERJUANG TERUS .

Menurut Pattricia Patton, ada 3 jenis/tipe manusia dalam hal AQ ( Adversity Quotient), seberapa kuat mental atau daya juang kita menghadapi tantangan yaitu : 

1.QUITTERS atau mereka yang tetap diam tidak ingin melakukan usaha untuk berkembang. Sudah merasa puas dengan apa yang diperolehnya.

2.CAMPERS yaitu mereka yang punya daya juang tapi hanya setengah jalan. Saat merasa sudah lebih nyaman atau lebih baik, langsung berhenti. 
3. CLIMBERS yaitu mereka yang punya semangat pendaki gunung. Belum berhenti dan belum merasa puas jika belum tiba di puncak keberhasilan. 

Nah, sekarang tergantung kita, bukan ? Apakah kita bisa mencintai pekerjaan kita ? Apakah kita juga bisa mengembangkan diri, sehingga yang dulu menjadi OB (Office Boy) kemudian bisa menjadi Kabag atau Manajer. Apakah yang dulu perawat biasa akhirnya bisa menjadi  Kepala Klinik ? Semuanya tergantung pada 3
K ! Kemauan - Kemampuan - Kesempatan . Bagaimana dengan Anda ? Bisa ? Ya, so pasti ! Katakan saja dan tepuk dada : YA, AKU PASTI BISA !

Tulis Komentar Anda