Predikat Hebat untuk Kepala SMK Muh 3 Yogya

Kepala SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Drs H Sukisno Suryo MPd. (Foto: Warisman)

YOGYA (KRjogja.com) - Kepala SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Drs H Sukisno Suryo MPd mendapat Kitto Award dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Penghargaan tersebut sebagai Kepala Sekolah Hebat 2016 kategori Pemanfaatan Teknologi dan Lingkungan. Pada piagam penghargaan tertera tanda tangan Direktur Pembinaan SMK Drs H Mustaghfirin Amin MBA. Penyerahan penghargaan di Malang Jawa Timur, Minggu (30/10).

"Saya satu-satunya Kepala SMK di DIY yang mendapat penghargaan itu," jelas Sukisno di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Jalan Pramuka, Selasa (1/11/2016).

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud itu, menurut Sukisno pernah mengunjungi SMK Muhammadiyah 3 Yogya jadi sudah mengetahui kondisi yang sesungguhnya. Kemudian, Sukisno diminta mengirimkan biodata dan program kerjanya.

Kategori penilaian seperti yang tercantum dalam piagam adalah: 1. Desain dan Keberagaman kemanfaatan teknologi budaya dan lingkungan dalam proses pembelajaran. 2. Produksi berbagai piranti pemanfaatan teknologi, budaya dan lingkungan dalam pembelajaran. 3. Pemanfaatan teknologi, budaya dan lingkungan pada managemen sekolah. 4. Optimalisasi pemanfaatan KT etos kerja dan kultur lingkungan di sekolah. 5. Pengembangan dan penguatan adaptabilitas sekolah dalam pemanfaatan teknologi, budaya dan lingkungan.

Strategi sebagai kepala sekolah, Sukisno mengharuskan setiap tahun ada perubahan dan pengembangan. Hasilnya, sudah menerapkan managemen pengembangan mutu ISO 9001:2008. Kini SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta menjadi SMK swasta terbesar di DIY dengan delapan jurusan dan 48 rombongan belajar. Mempunyai workshop/bengkel praktik siswa yang dikembangkan sesuai standar industri, menjalin kerjasama dengan industri tingkat nasional maupun internasional. Lulusannya terserap di dunia kerja dan yang melanjutkan bisa masuk di perguruan tinggi favorite. SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta menjadi sekolah rujukan SMK lainnya. Jurusannya meliputi Teknik Pemesinan, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Gambar Bangunan/Arsitektur, Teknik Audio Video, Teknik Sepeda Motor, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Kendaraan Ringan dan Farmasi. (War)

 

Tulis Komentar Anda